Lihat ke Halaman Asli

Penghijauan Wujud Cinta Alam

Diperbarui: 24 Juni 2023   07:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia Lestari. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kerusakan alam pada umumnya terjadi akibat ulah manusia yang cenderung bersikap serakah terhadap alam semesta. Sikap serakah yang dilakukan manusia terhadap lingkungan hidup antara lain menebang pohon secara liar dan mengeksploitasi hasil hutan secara berlebihan sehingga dengan begitu banyak sekali bencana alam yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor. Salah satu penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor yaitu penggundulan hutan, akibat adanya penggundulan hutan menyebabkan minimnya resapan air pada tanah sehingga saat terjadi hujan dengan curah yang tinggi resapan air tidak berfungsi dengan baik sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor dan banjir.

Belum lagi banyaknya peralihan lahan hutan menjadi lahan perindustrian, serta terjadinya efek rumah kaca yang banyak terjadi di daerah kota yang menyebabkan lapisan ozon menjadi menipis sehingga membuat udara menjadi panas dan tanah menjadi gersang hal inilah yang seharusnya menjadi cambuk bagi para pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi bersama melakukan penghijauan alam demi masa depan yang akan datang.

Penghijauan merupakan proses penanaman pohon pada lahan yang gundul atau pada lahan yang telah hilang kesuburanya. Kegiatan penghijauan dapat dilakukan dengan cara menanam pohon disekitar rumah dan menanam pohon di area hutan yang telah digunduli oleh para pelaku penebangan liar, serta tidak membuang sampah disekitar pohon karena sampah yang dibuang disekitar pohon dapat mencemari tanah sehingga mengakibatkan pohon menjadi tidak subur. Dengan melakukan penghijauan banyak sekali manfaat yang bisa kita nikmati dimasa depan yaitu pasokan oksigen yang dihasilkan oleh pohon akan semakin banyak sehingga dengan melakukan penghijauan, alam akan menjadi asri dan dapat mengurangi terjadinya polusi. Masih banyak manfaat yang lain saat kita melakukan penghijauan antara lain mencegah terjadinya erosi tanah, mencegah terjadinya abrasi pantai, meminimalisir terjadinya kerusakan air, menyuburkan kembali tanah yang tandus, memberikan perlindungan bagi tumbuhan dan satwa liar yang hampir punah, serta memberikan kesejukan yang dapat dirasakan dimasa kini dan masa yang akan datang. Dengan demikian peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam melakukan penghijauan agar tercipta alam yang bersih dan sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline