Lihat ke Halaman Asli

Nur Ajijah

UNIVERSITAS PAMULANG

Analisis Ekonomi Mikro: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dan Bisnis dalam Pasar Bebas

Diperbarui: 29 Juni 2024   04:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian dan Ruang Lingkup ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro adalah ilmu yang mempelajari perilaku produsen dan konsumen, serta penentuan kuantitas faktor input, barang atau jasa yang akan dijual belikan dengan mengacu kepada harga pasar. Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro antara lain model-model pasar, industri, analisis manfaat, teori permintaan, analisis biaya dan penawaran, elastitas, teori produksi hingga teori teori harga. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan konsumen sebagai berikut:

1. Harga:  Harga barang atau jasa mempengaruhi  permintaan konsumen. Perubahan harga dapat meningkatkan atau menurunkan permintaan.

2. Pendapatan: Pendapatan konsumen mempengaruhi kemampuan mereka untuk membeli barang dan jasa. Perubahan pendapatan dapat meningkat atau menurunkan permintaan.

3. Kualitas Layanan: Kualitas layanan mempengaruhi perilaku konsumen. Perubahan kualitas layanan dapat meningkatkan atau menurunkan permintaan.

4. Faktor Kebudayaan: Faktor Kebudayaan mempengaruhi perilaku konsumen. Perubahan faktor Kebudayaan dapat meningkatkan atau menurunkan permintaan.

5. Faktor Sosial: Faktor Sosial mempengaruhi perilaku konsumen. Perubahan Faktor Sosial dapet meningkatkan atau menurunkan permintaa.

Faktor - Faktor yang mempengaruhi Keputusan Bisnis:

1. Harga: Mempengaruhi keputusan bisnis, perubahan harga dapat meningkatkan atau menurunkan bisnis.

2. Biaya: mempengaruhi keputusan bisnis, perubahan biaya dapet meningkatkan atau menurunkan bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline