Lihat ke Halaman Asli

NUR FAIZAH

Mahasiswa

Kerja Sama dengan Negara Pasifik Sebagai Isu Pemerintahan di Indonesia: Potensi dan Tantangan

Diperbarui: 10 Juli 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kerja sama dengan negara-negara Pasifik merupakan isu pemerintahan yang semakin penting bagi Indonesia. Negara-negara di kawasan Pasifik memiliki potensi kerjasama ekonomi, politik, dan sosial yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kerja sama dengan negara-negara Pasifik merupakan bagian penting dari strategi luar negeri Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral dan regional. Indonesia mengakui pentingnya kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara-negara Pasifik dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, keamanan, lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Menurut Badan Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, beberapa hal berikut ini dapat menjadi potensi kerja sama dengan Negara-negara Pasifik, diantaranya Kerja sama ekonomi. Negara-negara Pasifik memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, termasuk perikanan, energi terbarukan, dan pariwisata. Kerja sama ekonomi dapat meningkatkan perdagangan, investasi, dan pengembangan sektor-sektor tersebut.selain itu, di bidang politik dapat meningkatkan kerjasama dalam penanganan isu-isu global, seperti perubahan iklim, keamanan maritim, dan hak asasi manusia. Tak kalah penting, kerja sama dalam bidang pendidikan, budaya, dan pertukaran pemuda dapat memperkuat hubungan antara negara-negara Pasifik dan Indonesia, dan juga meningkatan kualitas SDM yang  ada di Indoneisa.

Selain potensi kerjasama, Pasific Island Forum dan ASEAN Regional Forun  menuliskan beberapa tantangan kerja sama Indoensia dengan Negara-negara Pasifik diantaranya, jarak geografis. Jarak geografis yang jauh dan keterbatasan konektivitas dapat menjadi tantangan dalam meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik. Kemudian keberagaman budaya dan bahasa di negara-negara Pasifik dapat mempersulit komunikasi dan memahami kebutuhan dan prioritas masing-masing negara. Selain itu, Negara-negara Pasifik mungkin juga menghadapi keterbatasan sumber daya manusia dan keuangan, yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk terlibat dalam kerja sama yang lebih luas.

Dengan segala potensi dan tantangan yang ada, berikut merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat kerjasama Negara Indonesia dengan Negara-negara Pasifik, yaitu Diplomasi aktif: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri terus mengembangkan hubungan bilateral dengan negara-negara Pasifik melalui kunjjungan resmi, pertukaran delegasi, dan dialog politik yang intensif. Selain itu, Indonesia juga dapat memberikan bantuan pembangunan kepada Negara-negara Pasifik dalam berbagai bidang, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, untuk memperkuat kerja sama dan kemitraan. Upaya lain yang dapat dilakukan yaitu kerja sama regional. Indonesia juga bekerja sama dengan negara-negara Pasifik melalui forum regional seperti Pacific Islands Forum dan ASEAN Regional Forum untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam isu-isu regional dan global.

Kerja sama dengan negara-negara Pasifik merupakan isu pemerintahan yang penting bagi Indonesia. Potensi kerja sama ekonomi, politik, dan sosial dengan negara-negara Pasifik dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Namun, tantangan seperti jarak geografis, keberagaman budaya, dan sumber daya terbatas perlu diatasi dalam memperkuat kerja sama tersebut. Melalui diplomasi aktif, bantuan pembangunan, dan kerja sama regional, Indonesia terus berupaya untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara Pasifik dan mendorong kerja sama yang saling menguntungkan dalam berbagai bidang. Dengan sinergi yang baik antara Indonesia dan negara-negara Pasifik, dapat tercapai stabilitas, kemakmuran, dan keamanan di kawasan Pasifik dan sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline