Lihat ke Halaman Asli

Nur Aisyah

Mahasiswa

Jurus Menyehatkan Tubuh Ala Rasulullah

Diperbarui: 18 Desember 2023   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Menjaga Kebersihan Pribadi

Sunah-sunah fitrah sering disinggung Bukhari di antaranya dalam hadits riwayat Al Bukhari dari Abu Hurairah, "Rasulullah bersabda, Ada lima hol termasuk fitrah setiap manusia, yaitu khitan, memangkas bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur kumis.

2. Berolahraga

Kita sebagai umat Rasulullah haruslah memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Maka dari itu, berolahragalah Karena Rasulullah pun berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh kita akan menjadi kuat dan sehat sehingga lebih bersemangat dalam melakukan ibadah dan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti misalnya:

1). Shalat

Di dalam shalat, terdapat prinsip dasar squat jump, push up, plank, dan semua gerakan terbaik, termasuk di dalamnya peregangan otot diafragma yang bisa membuka paru-paru saat takbiratul ihram. Gerakan itu sangat bermanfaat bagi penderita asma.

Shalat adalah perintah Allah. Sebagai seorang muslim, kita wajib shalat sebagai bentuk ketaatan kepada Allah . Shalat ternyata mengandung gerakan yang bermanfaat seperti saat kita berolahraga. Shalat lebih kepada gerakan refleksi yang mengutamakan kesempurnaan gerakan serta mendalami makna setiap gerakan yang menuntun kita pada sebuah kenyamanan (tuma'ninah).

 3).Berkuda

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah. Beliau pernah menguji latihan kuda para sahabat dengan mengadakan lomba pacuan kuda Abdullah bin Umar menjadi salah satu pesertanya (Muhammad bin Isma'il (Al Bukhari), Shahih Al Bukhan, [Beirut: Dn Thq An Najah]). 

4).Memanah

Rasulullah selalu mengingatkan para sahabatnya untuk berlatih memanah. Berlatih memanah adalah permainan terbaik yang dianjurkan Rasulullah (Shuhaib 'Abdul Jabbar, Al Musnad Al Maudhui Al Jami Li Al Kutub Al 'Asyrah). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline