Lihat ke Halaman Asli

Nur Aisyah_71

KKM 140 UIN Malang

KKM 140 UIN Malang Gelar Sosialisasi Jurnalistik, Membentuk Kompetensi Jurnalis Muda

Diperbarui: 25 Januari 2023   07:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKM 140 UIN Malang berfoto bersama anggota OSIM MTs Al-Ittihad pada acara Sosialisasi Jurnalistik. Foto: Div. Multimedia KKM 140 UIN Malang

Malang - Mahasiswa KKM 140 UIN Malang sukses menjalankan salah satu program kerjanya. Seperti halnya program Sosialisasi Jurnalistik yang diselenggarakan di MTs Al-Ittihad, Desa Belung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Kamis (12/1/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota OSIM MTs Al-Ittihad.

Kegiatan sosialisasi jurnalistik penting dilakukan mengingat bahwa jurnalistik erat kaitannya dengan dunia pelajar. Tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berliterasi, khususnya tulis-menulis jurnalistik. Pengetahuan jurnalistik juga dapat meningkatkan kreatifitas dalam menyusun reportase, menulis berita, menulis artikel, menyusun majalah, esai, karya ilmiah, fotografi dan lain-lain.

Materi dan praktek kegiatan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan. Materi yang disampaikan meliputi: Pengetahuan Tentang Jurnalistik, Majalah Sekolah, Manfaat Menulis Majalah, Tim Redaksi Majalag, Isi Konten, dan Alur Pembuatan Majalah. Praktek kegiatan sosialisasi jurnalistik yaitu membuat isi konten yang nantinya akan dikumpulkan dan dicetak menjadi majalah sekolah.

Sebagai narasumber kegiatan sosialisasi adalah Sofia Yuniar (Sastra Inggris) dan Rifa Diandra (Ilmu Perpustakan dan Informasi) yang merupakan anggota dari kelompok KKM 140 UIN Malang.

Penyampaian materi oleh Rifa Diandra (Mahasiswa KKM 140 UIN Malang). Foto: Div. Multimedia

Waka Kesiswaan MTs Al-Ittihad, Bapak Taufik sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan sosialisasi ini. Beliau mengatakan bahwa sangat berterimakasih kepada KKM 140 UIN Malang yang telah bersedia membantu membagikan ilmunya terutama ilmu jurnalistik kepada para siswa MTs Al-Ittihad.

Sesuai dengan tema kegiatan "Membentuk Kompetensi Jurnalis Muda", adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan dapat melatih kebiasaan berliterasi sejak usia muda. Pembuatan majalah sekolah  diharapkan bisa menjadi salah satu sarana informasi kegiatan dan perkembangan terkini di MTs Al-Ittihad, serta menjadi wadah kreatifitas bagi seluruh warga sekolah khususnya dalam bidang literasi.

Di samping mengadakan kegiatan sosialisasi jurnalistik, KKM 140 UIN Malang juga membantu bapak/ibu guru MTs Al-Ittihad dalam kegiatan mengajar sebagai bentuk pengabdian mahasiswa.

Penulis: Nur Aisyah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline