Lihat ke Halaman Asli

nur aisyah

Mahasiswa

Asal Mula Fakultas Kesehatan Masyarakat

Diperbarui: 11 September 2024   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

                                                                             ASAL MULA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
                                                                                          NUR AISYAH RAMADANIA\191241208
                                                                                                   KESEHATAN MASYARAKAT
                                                                                                    UNIVERSITAS AIRLANGGA

          Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat di Indonesia awal nya tidak ada. Pada tahun 1956 ada seorang Profesor dari Indonesia yang baru saja menyelesaikan program studinya di luar negri, Seseorang itu ialah Prof. Mochtar yang baru saja datang ke Indonesia pada tahun itu setelah menyelesaikan studinya di Harvard University, di Amerika Serikat. Prof. Mochtar Kembali ke Indonesia dengan membawa ilmu nya yang telah beliau dapat setelah berkuliah. Prof Mochtar mengagaskan untuk mengembangkan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Indonesia.
          

Dalam kaitan ini Prof. Mochtar sebagai kepala bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat  dan Ilmu Kedokteran di Universitas Indonesia (UI), mengajukan gagasan mendirikan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Tetapi sangat disayangkan karna sebelum gagasannya terwujud dia gugur dalam kecelakaan pesawat terbang pada 24 Januari 1961. Pada saat itu di tahun yang sama gagasan tersebut diteruskan oleh Dokter Sajono Sumodidjojo, beliau mengambil langkah untuk mewujudkan gagasan tersebut.

Ada beberapa Universitas yang pertama menghadirkan prodi Kesehatan Masyarakat yaitu Universitas Indonesia (Jakarta) , Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Hasanudin( Makasar), Universitas Diponegoro (Semarang) , dan Universitas Sumatra Utara (medan) . Universitas Indonesia merupakan Fakultas Kesehatan Masyarakat tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 1 juli 1965. Dan beberapa Universitas lainnya salah satunya yang ada di Universitas kita sendiri yaitu Universitas Airlangga. Universitas Airlangga mendirikan Fakultas Kesehatan Masyarakat pada tahun 1993 yang secara resmi diterbitkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 0372/O/1993 jo. No. 70539/A6.1/U/1993 yang berisi tentang Pembukaan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang di sertai pembukaan Fakultas Psikologi universitas Airlangga. Prodi Kesehatan Airlangga pada awalnya disatu Gedung yang sama bersama Fakultas Kedokteran.
         

 Dilanjut dengan peresmian penggunaan Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat juga disertai resminya Fakultas Psikologi Universitas Airlangga pada 9 september 1995, yang di resmikan oleh Rektor Unair Prof.dr.H. Bambang Rahino Setokoesoemo yang ada di kampus C Mulyorejo Surabaya. Perkembangan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menjadi fakultas dengan di adakannya beberapa program studi baru pada saaat itu dari jenjang S1 (Sarjana), S2(Master), S3(Doktoral). Karna pada awal sekali setelah berdiri program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1) hanya menerima mahasiswa dari lulusan D3 Kesehatan. Lulusan D3 tersebut yang di terima hanya dari 3 akademik dibawah naungan Dapertemen Kesehatan yaitu antara nya Akademi Gizi, Akademi Perawat, dan Akademi Kesehatan Lingkungan yang setelah itu akan menempuh Pendidikan selama 4 semester atau 2 tahun, sehingga nya mendapat gelar S.KM.
          

Untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair merupakan organisasi Pendidikan di bawah Universitas Airlangga yang pada 14 mei 2014 dengan resmi dinyatakan sebaragai PTN BH berdasarkan PP nomor 30 Tahun 2014 tentang status Universitas Airlangga. Dari situ pengelolaan Universitas Airlangga sebagai PTN BH diarahkan menuju Good University Governance dalam mencapai predikat perguruan tinggi terbaik 500 dunia pada tahun 2019. Seperti yang kita tau dan kita kenal Fakultas Kesehatan Masyarakat berwarna ungu, mengapa sih FKM identic dengan warna ungu ? yaitu karena warna ungu merupakan identitas dari Fakultas Kesehatan Masyarakat yang memiliki berbagai macam makna diantarannya kesehatan, pengabdian kepada masyarakat, serta pencampuran dari semua warna yang berarti pencampuran dari semua bidang ilmu baik sosial maupun Sains, warna ungu juga diartikan sebagai kekeluargaan dan kemandirian, dengan itulah kenapa FKM sendiri identik dengan warna ungu.

Kesimpulan dari saya, Kita harus terus perkembang dalam hal belajar, sekolah, maupun minat dan bakat. Karna semakin tinggi ilmu yang kita punya kita dapat membuat atau medatangkan ilmu dan perkembangan baru. Walaupun yang pasti kita harus mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran tetapi dengan begitu di akhir kita sendiri dan orang lain pun dapat merasakan manfaatnya. Seperti sejarah dari Kesehatan Masyarakat yang saya buat di atas sangat sangat menginpirasi banyak orang akan hal hebat yang beliau buat yang hingga sekarang bahkan Ilmu Kesehatan Masyarkat semakin pesat berkembang.

KATA KUNCI : Kesehatan, Masyarakat, Sejarah, Perkembangan.

DAFTAR PUSTAKA

Wibowo, Adik. 2014. Ilmu Kesehatan Masyarakat (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Press Available at : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Kesehatan_Masyarakat_Universitas_Indonesia(Accessed: tanggal 31 Agustus 2024)

Abdoel Djalal AR, 2007. Pelopor dan Patriot Kesehatan Masyarakat. Available at :https://pengadegan.wordpress.com/2009/01/16/mochtar-pelopor-dan-patriot-kesehatan-masyarakat/(Accessed: tanggal 31 Agustus 2024)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline