Lihat ke Halaman Asli

Nur Aisya

Mahasiswa

Mengenal Jenis-jenis Strategi Perbankan Syariah

Diperbarui: 28 Juni 2023   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jenis strategi perbankan syariah

1. Strategi perbankan syariah dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM).Sumber Daya Manusia atau yang kita kenal dengan istilah HR adalah salah Aspek manajemen sangat penting. Peran sentral SDM Sistem administrasi dan ekonomi memiliki dampak besar pada bagaimana untuk kemajuan organisasi atau perusahaan.

Tanpa sumber daya manusia yang memadai Semua fungsi operasional perusahaan menjadi lebih sulit, menurut Sumber Daya Manusia harus mampu bersaing dengan sumber daya manusia lainnya dan bersaing secara ketat untuk berprestasi Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Pengembangan pribadi adalah cara yang sangat efektif Mengatasi tantangan dan masalah yang mungkin timbul di MEA. Pengembangan sumber daya manusia dianggap sangat penting karena melalui Ketergantungan dapat diminimalkan dengan lebih mengembangkan operator yang ada tentang penggunaan tenaga ahli di luar organisasi.

Menurut Ibrahim (2006) dan Handoko (2001) ini merupakan salah satu kelemahannya Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia.Keberhasilan pengembangan bank syariah di level mikro sangat krusial berdasarkan kualitas manajemen dan tingkat pengetahuan dan keterampilan manajer Bank. Oleh karena itu, kualitas sumber daya manusia harus terus ditingkatkan Pengetahuan tentang manajemen bank dan hukum Syariah Perbankan melalui pendidikan.

2. Strategi perbankan syariah dari sudut pandang keuangan

Perbankan syariah menerapkan profit and risk sharing antar penyedia dana (investor).dengan pengguna dana (pengusaha). Mirip dengan perbankan tradisional, bungaManfaat yang maksimal juga harus sesuai dengan nilai-nilai syariah diperhatikan agar para pihak dapat menikmati manfaat tersebut. Kalaupun terjadi kerusakan, para pihak juga menanggungnya.Selain itu, bank syariah mengelola zakat dan menghindari transaksi terkait dengan barang ilegal dan unsur Maisir, Gharar dan Riba.

Dalam perbankan tradisional, bank menggunakan tabungan sebagai uang tunai Pinjaman untuk debitur, baik perorangan maupun pengusaha. Laba selisih antara bunga dan bunga yang dihitung oleh debitur dibayarkan kepada deposan.

3. Strategi perbankan syariah dari perspektif pemasaranPemasaran adalah proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan Buat, tawarkan, dan tukarkan produk berharga secara bebas dengan pihak lain. Tujuan pemasaran itu sendiri adalah untuk mengetahui dan memahami kepada pelanggan sehingga produk atau jasa tersebut cocok untuk pelanggan.Bauran pemasaran terdiri dari variabel kontrol yang digabungkan untuk mendapatkan tanggapan yang diinginkan dari pasar sasaran. Dan untuk perusahaan jasa Bauran pemasaran (Marketing Mix-7p) terdiri dari 7 unsur, yaitu:produk, harga, penawaran,Lokasi, peserta, proses dan bukti fisik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline