Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi UMKM Mahasiswa KKN Terpadu Unram: Wirausaha Butuh Keberanian

Diperbarui: 22 Januari 2023   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada 14 Januari 2023 di kantor desa Kuripan, begitu hujan mulai reda, para mahasiswa KKN Terpadu Unram Desa Kuripan tersenyum menyambut pemateri dan tamu undangan dalam acara  “Sosialisasi UMKM: Menciptakan 1000 Wirausaha Baru melalui Sosialisasi bagi UMKM di Desa Kuripan”.

Acara dimulai pukul 10.00 WITA pagi. Pemateri pertama disampaikan oleh Yuni Sulpia Hani (Dosen perhotelan politeknik negeri Bali, juga sebagai manager promosi dan pemasaran  BPPD kabupaten Lombok Tengah) memaparkan tentang strategi mempromosikan produk dan tempat wisata yang dikelolanya. Dan pemateri kedua disampaikan oleh Zul Adha (Owner UD. Sasak Tani, desa Kuripan, Lombok barat), menceritakan pengalamannya mendirikan bisnis UD.Sasak Tani dari nol.

Acara ini dihadiri baik dari Kepala Desa Kuripan, kepala dusun desa Kuripan, murid-murid SMK, hingga masyarakat yang sedang menjalankan dan tertarik pada bilang UMKM.

“Promosi di media sosial perlu konsisten, adanya konten, dan tentu untuk memulainya kita harus suka dulu, harus ada passion,” ungkap Yuni Sulpia Hani atau kerap disapa mbak Yuni.

“Mulai saja dulu jika mau berwirausaha, dibutuhkan keberanian. Yang terutama niat,” ucap bapak Zul di depan para audien.

Dokpri

Dalam akhir acara, mahasiswa KKN Terpadu Unram Desa Kuripan mengeluarkan produk sekaligus mempromosikan kripik bayam brazil, yang mana produk tersebut adalah bagian dari program kerja utama. Terdapat banyak masukan, saran dan pesan dari pemateri dan tamu undangan. Rencananya akan ada demonstrasi mengenai kripik bayam brazil ini.

“Bagus acaranya, sangat bermanfaat,” kata Ibu Kepala Desa yang hadir sebagai tamu undangan.

Acara ini diharapkan dapat membangun semangat kewirausahaan di Desa Kuripan yang perlahan-lahan mulai tumbuh dan berkembang dalam bidang bisnis juga pariwisata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline