Lihat ke Halaman Asli

Nur Aini Rizky Syaban

Mahasiswa 20107030112 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pentingnya Waktu untuk Healing: Mengambil Jeda untuk Diri Sendiri

Diperbarui: 10 Juni 2024   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cdn.rejuve.co.id

Dalam kehidupan yang serba cepaat dan penuh tekanan baik di tempat kerja ataupun kampus, sering kali kita lupa uttuk memberikan jeda untuk diri sendiri sekedar untuk beristirahat dan memulihkan diri. Banyak dari kita merasa terburu-buru untuk terus produktif tanpa menyadari bahwa mengambil waktu untuk sekedar istirahat adalah kunci untuk mempertahankan kinerja optimal dan kesejahteraan jangka panjang. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa sangat penting untuk mengambil waktu untuk diri sendiri setidaknya dalam satu atau dua minggu kerja ataupun kuliah, dan beberapa cara praktis untuk melakukannya.

 Mengapa Sangat Penting Menjedah Sejenak Waktu Untuk Beristirahat ?

1. Mencegah Burnou

Burnout merupakan kondisi kelelahan fisik, emosional dan mental yang di sebabkan oleh stres yangg berlebihan dan berkepanjangan. Mengambi waktu untuk beristirahat atau sekedar healing membantu mencegah burnout dengan memberikan kesempatan pada tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan memulihkan diri. Berkerja tanpa jeda yang berlebihan akan berisiko terkena kelelahan kronis yang dapat merusak kesehatan mental dan fisik.

2. Meningkatkan Produktivitas 

Mungkin terdengar cukup kontradiktif atau tidak nyambung dengan pernyataan pertama, tetapi mengambil jeda sebenarnya dapat mengembalikan produktivitas. Ketika kita terus berkerja tanpa henti, produktivitas akan cenderung menurun karena kelelahan dan kurangnya konsentrasi. Sebaliknya, waktu istirahat yang cukup akan membantu memulihkan energi dan fokus, sehingga kita dapat kembali berkerja dengan lebih efektif dan efisien.

3. Menjaga Kesehatan Mental 

Kesehatan mental sangatlah penting untuk kehidupan yang seimbang dan bahagia. Stres yang berkepanjangan dapat menyebapkan berbagai masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. Mengambil waktu untuk healing membantu mengurangi stres dan membrikan kesempatan bagi kita untuk merawat mental dengaan lebih baik.

4. Meningkatkaan Kreativitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline