Lihat ke Halaman Asli

Nur Aini Rizky Syaban

Mahasiswa 20107030112 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Review Film "Perempuan Berkalung Sorban" Karya Hanung Bramantyo

Diperbarui: 5 Juni 2024   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://koleksiperpus.jakarta.go.id/dispusip/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/124319.jpgInput sumber gambar

Judul Film : Perempuan Berkalung Sorban

Sutradara : Hanung Bramantyo

Penulis Skenario : Ginatri S. Noer, Hanung Bramantyo

Pemenran Utama : Revalina S. Temat, Reza Rahardian, Oka Antara

Genre : Drama

Durasi : 118 Menit

Tahun Rilis : 2009

Film Perempuan Berkalung Sorban merupakan Film bergenre Drama yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Abidah El Khalieqy. Film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Anisa diperankan oleh Revalina S. Temat yang menceritakan tentangg kehidupan di lingkungan pondok pesantren yang masih memiliki pemahaman bahwa perempuan kedudukannya dibawah laki-laki. Anisa dalam fim ini berjuang melawan berbagai aturan yang menurutnya tidak masuk akal yang mengekang dan membelenggu kebebasan perempuan. Ia memiliki mimpi dan keinginan yang besar sehingga berkeinginan melanjutkan pendidikan yang lebih tingi namun semua keinginannya dibatasi oleh keluarganya sendiri.

Diawal film Perempuan Berkalung Sorban, penonton telah disuguhkan betapa perempuan di dalam pondok dibatasi dalam mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki. Pembatasan ini dapat kita lihat pada scene Anisa tidak diperbolehkan oleh ummi nya untuk belajar berkuda, anisa di larang menjadi pemimpin dikarenakan ia seorang perempuan walaupun secara demokrasi suara anisa lebih banyak, sampai pada perempuan tidak boleh melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan alibi bahwa tugasnya perempuan adalah di rumah, mengurus segala pekerjaan rumah.

 "Seberdosa itukah terlahir menjadi seorang perempuan ?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline