Lihat ke Halaman Asli

Nuraini fitri

teruslah melangkah maju

Waspadai Penyakit pada Gigi

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mulut adalah pintu masuk untuk semua makanan yang anda makan, begitu pula dengan gigi, gigi adalah salah satu alat pencerna tubuh, yang berfungsi untuk melembutkan makanan agar bisa dicerna olehtubuh. Dan apa bila salah satu gigi terserang penyakit maka kinerja gigi juga akan berkurang. Kesehatan gigi sangat penting untuk membantu kesehatan yang lainnya, untuk mencerna makanan yang keras dibutuhkangigi untuk menghaluskan terlebih dahlu sebelum di cerna oleh lambung.

Waspadailah penyakit gigi jangan menyepelekannya, karna ada berbagai macam penyakit gigi yang beresiko berbahaya.

Apakah anda tahu penyakit apa saja yang bisa menyerang gigi anda?

Karies gigi ( gigi berlubang yang terdapat pada lapisan email dan dentin), Pulpitis ( radang gigi pada pulpa atau syaraf gigi ), Priodentitis ( radang pada penjaringan pendukung gigi yaitu tulang penyanggah gigi ), Gingivitis ( radang pada gusi , Abses gigi ( pembengkakan gigi ), Tumor pada gigi, Karang gigi ( calculus ), Kelainan pada jaringan lunak, Kelainan susunan gigi, gigi yang tidak beraturan atau tidak rata ( maloklusi ), Perubahan warna gigi menjadi gelap,Bau mulut ( halitosis, faetor ex oris ), Gigi ngilu ( hipersensitif ), Peradanagn amendel dan tenggorokan, Radang mulut ( stomatitis )

Penyakit gigi bisa disembuhkan dengan cara sederhana, tidak harus dengan cara yang mahal. Tetapi jangan sampai melakukan kesalahan untuk membuat gigi anda sakit, jaga selalu kesehatan gigi anda. Cara untuk mencegah gigi terkena penyakit gigi yang harus dilakuakn menyikat gigi 2 kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta rajin periksa gigi(control) minimal 1 bulan sekali dan untuk pengobatannya sendiri harus ke dokter gigi jangan sampai anda bertindak sendiri.

Untuk anda yang berkeluarga biasakan kepada anak untuk merawat giginya.Karena kesehatan gigi anak sangat penting untuk masa depannya.

Maka dari itu para orang tua diharapkan untuk membawa anak-anak anda ke dokter gigi dari umur 2 atau 3 tahun untuk diperkenalkan alat-alat dokter gigi agar mereka tidak takut untuk kedokter gigi dan diajari cara sikat gigi yang baik dan benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline