Lihat ke Halaman Asli

Gelar Kunjungan Berbasis Riset, IAT UIN Salatiga Tuai Banyak Apresiasi

Diperbarui: 15 Juni 2023   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

136 mahasiswa Ilmu Al Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga menjalankan serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) didampingi oleh beberapa Dosen Fakultas Adab dan Humaniora. Mengusung Tema "Dinamika Islam dan Budaya Lokal", Jombang-Malang dipilih sebagai lokasi yang tepat karena daerah tersebut memiliki latar belakang sejarah yang kaya dan lingkungan yang cocok untuk penelitian tentang Al-Qur'an. Jombang terkenal sebagai kota santri dan memiliki banyak pesantren yang menjadi pusat pembelajaran Islam, sementara Malang memiliki kekayaan budaya dan alam yang memperkaya konteks penelitian.

Sebagaimana disampaikan dalam buku pedoman KKL Prodi IAT tahun 2023, Melalui program Kuliah Kerja Lapangan ini diharapkan akan Terbentuk sebuah konsep Ilmu Living Qur'an yang utuh, komprehensif dan Berwawasan di Indonesia yang diyakini Akan mengarahkan pemahaman keilmuan ilmu al-Qur'an dan Tafsir secara aplikatif dan sekaligus membentuk wawasan keislaman yang inklusif.

Selama 3 hari ( 8-10 Juni 2023) rombongan mengunjungi berbagai lokasi tujuan riset diantaranya : Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang; Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an, Jombang; UIN Malang dan Kampung Qur'an Wijaya Kusuma, Malang. Dan sejumlah objek wisata fenomenal seperti Gunung Bromo dan BJBR (Bee Jae Bakau Resort), Probolinggo.

Najib Saifullah, S.PdI., M.Ag selaku pembicara dalam pembekalan KKL, Selasa 06/06/2023 beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mengintegrasikan riset dalam pengalaman ini, beliau berpesan agar selama kegiatan ini peserta diminta untuk tetap menjaga sikap dan menjaga nama baik IAT, "Kunjungan semacam ini bagus untuk dilakukan karena tentu akan membuka kesempatan mahasiswa untuk bertemu dengan ulama dan cendekiawan yang berfokus pada bidang tersebut. Kalian akan dapat berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan mereka, serta memperoleh wawasan baru tentang penafsiran Al Qur'an, metodologi riset, dan berbagai isu yang berkaitan dengan Al Qur'an. Ingat kalian ini dari IAT, tetap jaga sikap dan sopan santun kalian selama kegiatan KKL ini "

Dalam kunjungan ini banyak apresiasi yang didapatkan, Dr. Zaenul Mahmudi, M.A, Wadek Bidang Akademik & Kelembagaan UIN Malang menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini, "Merupakan suatu kebanggaan bagi kami disambang (baca: dikunjungi) IAT UIN Salatiga ini, yang secara IAT UIN Malang ini posisinya sebagai adek, karena tergolong baru dan lebih lama UIN Salatiga. Tentu hal ini harus terus terjalin semoga kita nanti bisa membalas kunjungan semacam ini."

Sementara itu, Dr. Burhan, pembicara dalam kunjungan di Kampung Qur'an Wijaya Kusuma, Malang memberikan apresiasi yang tinggi, Beliau menyampaikan, "kunjungan ini adalah yang pertama dari kalangan akademisi, sungguh luar biasa. Semoga bermanfaat dan menghasilkan sebuah penelitian besar yang tentunya akan berguna untuk masa depan pendidikan Al-Qur'an semacam ini" bahkan rombongan ini disambut hangat dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat, dijamu dengan berbagai makanan khas Malang lengkap dengan buah buahannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline