Lihat ke Halaman Asli

Nur Ainah

Universitas Negeri Malang (UM)

Tim Chemtro Ikut Menyukseskan Event Job Fair & Higher Education Expo 2023

Diperbarui: 3 Oktober 2023   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok: Pribadi

Tim CHEMTRO ikut menyukseskan acara Job Fair & Higher Education Expo 2023 Pada tanggal 7-8 september, yang berlokasi di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). Pada acara ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. selaku Rektor UM, Bapak Prof. Dr. H. Suparno selaku Ketua IKA UM, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd, selaku Wakil Rektor 1 UM, Perwakilan Kementrian Ketenaga Kerjaan, dan Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Malang. Pada kesempatan kali ini juga Tim CHEMTRO menampilkan produk inovasinya.

CHEMTRO adalah sebuah bisnis inovasi media pembelajaran elektrokimia yang mengakomodasi dua pembaharuan yaitu CHEMTRO Box yang berisikan kit edukasi elektrokimia secara multiple representation berbasis kearifan lokal Malang yakni Keris Mpu Gandring dan aplikasi pembelajaran yang terintegrasi oleh Augmented Reality dan Artificial Intelligence untuk mempelajari materi elektrokimia secara komprehensif.

Pengintegrasian pembelajaran etnosains dengan materi kimia sangat penting diterapkan, terlebih saat ini semakin menurunnya pengetahuan nilai-nilai kearifan lokal khususnya anak SMA.

Dok: Pribadi

Dengan begitu “CHEMTRO” hadir sebagai media pembelajaran elektrokimia dilengkapi dalam bentuk aplikasi pembelajaran yang berisi fitur unggulan seperti kearifan lokal, eksplorasi, Chemtro-AI (Artificial Intelligence), Chemtro-AR (Augmented Reality), dan games edukasi. Kemudian dilengkapi dengan CHEMTRO BOX berisi project dengan tema kegiatan elektrolisis yang terintegrasi Augmented Reality untuk meningkatkan kompetensi 4C (Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, and Collaboration) dan pelestarian budaya.

Tim CHEMTRO sendiri merupakan lima mahasiswa asal Universitas Negeri Malang yang berperan sebagai inovator muda dalam dunia pendidikan dan bisnis. Kelima mahasiswa tersebut bernama Vanesa Kusuma Putri dari S1 Pendidikan Kimia/2020 sebagai Leader/CEO, Tsalis Jauza Nareswari dari S1 Pendidikan Kimia/2020 sebagai Content Research/COO, Nur Ainah dari S1 Pendidikan Fisika/2021 sebagai Marketing Management/CMO, Nur Mujahidin Achmad Akbar dari S1 Pendidikan Teknik Informatika/2021 sebagai Developer/CTO, dan Abdul Azis dari S1 Pendidikan Ekonomi Pembangunan/2021 sebagai Financial Management/CFO dengan pembimbing Bapak Nur Candra Eka Setiawa, S.Si., S.Pd., M.Pd.

Dengan adanya inovasi ini, CHEMTRO berkontribusi dalam upaya melestarikan budaya Indonesia sekaligus membangunkan keterampilan 4C di kalangan generasi muda. Adanya inovasi ini menandai tonggak penting dalam dunia pendidikan di Indonesia dan dengan ini pula diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak inovasi untuk mendukung pembangunan pendidikan di seluruh dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline