Lihat ke Halaman Asli

Cara Menyembuhkan Mata Bengkak dengan Aman dan Cepat

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1421725563476907440

Mata Sembab atau bengkak Ini bisa terjadi setelah anda begadang semalam suntuk, atau menangis terlalu lama.Apapun penyebabnya, mata yang bengkak menjadi tidak enak dipandang.Meskipun bukan sebuah penyakit yang berbahaya, alangkah baiknya jika kita dapat mengobatinya dengan cepat. Ada beberapa cara menyembuhkan mata bengkak dengan aman dan cepat, berikut diantaranya :


  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh


Kekurangan cairan akan berpengaruh terhadap kulit, sehingga dapat terjadi pembengkakan pada bagian mata. Selain cukupi cairan, cara menyembuhkan mata bengkak juga bisa dengan menghindari makanan yang mengandung banyak garam.

Makanan yang mengandung garam akan menyebabkan dehidrasi, minuman bersoda juga harus dikurangi karena minuman bersoda juga bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan.


  • Kompres dengan kantong teh bekas


Setelah minum teh, jangan langsung dibuang kantongnya.Karena kantong teh ini justru paling direkomendasikan untuk mengobati bengkak pada mata. Selain mudah, cara menyembuhkan mata bengkak ini juga terbukti efektif.

Beberapa waktu setelah di kompres dengan kantong teh bekas, anda akan langsung merasakan perkembangan yang baik pada mata anda.


  • Mentimun


Berbagai enzim yang terkandung dalam mentimun sangat efektif untuk mengobati bengkak pada mata. Cara menyembuhkan mata bengkak yang harus anda lakukan yaitu dengan iris tebal mentimun lalu dinginkan di lemari es. Setelah dingin,kompreskan pada mata yang bengkan. Apabila mentimun sudah tidak terlalu dingin, ganti dengan irisan yang masih dingin.


  • Kentang


Seperti halnya mentimun, kentang juga memiliki berbagai kandungan enzim yang bagus untuk mengobati mata bengkak. Cara menyembuhkan mata bengkak : kupas kentang hingga bersih. Kemudian parut menggunakan parutan kelapa.Masukan ke dalam kain berpori lalu.Gunakan untuk mengompres mata yang bengkak.


  • Putih telur


Selain berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah dan juga mengobati bengkak pada mata. Cara menyembuhkan mata bengkak : pisahkan putih telur dari kuning telurnya. Kemudian campurkan dengan witch hazel lalu kocok hingga cukup kaku.Oleskan secara merata pada wajah menggunakan kuas seperti memakai masker.


  • Kompres dengan es


Es yang dingin dapat mengobati bengkak pada mata. Cara menyembuhkan mata bengkak dilakukan dengan mengompreskan es selama beberapa menit hingga mata anda tidak merasakan terlalu dingin. Ulangi beberapa kali sampai anda merasa nyaman dengan mata anda.


  • Aloe vera


Kandungan  Vitamin E dan antioksidan dalam aloe vera sangat efektif untuk mengobati mata anda yang bengkak. Cara menyembuhkan mata bengkak : oleskan bagian daging dari aloe vera atau lidah buaya pada bagian mata yang bengkak. Diamkan beberapa saat baru kemudian di bilas sampai bersih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline