Lihat ke Halaman Asli

Berbagai Manfaat Serta Dampak Buruk Sosial Media Bagi Pelajar

Diperbarui: 1 Oktober 2021   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manfaat dan dampak Media Sosial bagi kehidupan Pelajar

Kemajuan teknologi membawa pengaruh dan perubahan yang besar terhadap kehidupan, terutama kepada para pelajar. Terciptanya sosial media banyak membawa kemudahan bagi penggunanya. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk memperoleh dan menyampaikan informasi. Saat ini, sosial media sudah menyebar luas di Indonesia. Internetpun sudah sangat mudah untuk diakses. Ada banyak manfaat dari penggunaan media sosial, terutama untuk menemukan berbagai informasi yang kita butuhkan dan sangat membantu untuk kaum pelajar karena dapat membantu mereka mempelajari beberapa pelajaran melalui media sosial. Namun, disamping manfaatnya yang bisa kita rasakan, media sosial juga menyimpan banyak dampak yang tanpa kita sadari pernah kita dapatkan.

Media sosial adalah sebuah media online, para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog , jejaring sosial, wiki, forum dan lain sebagainya. Semua pengguna internet juga bisa berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, twitter, e-mail dan lainnya. Media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan setiap siswa. Seringkali lebih mudah dan nyaman untuk mengakses informasi, memberikan informasi dan berkomunikasi melalui media sosial. Ini merupakan hal yang sangat membantu pekerjaan para kaum terpelajar. Media sosial dapat digunakan sebagai sarana berdiskusi tanpa harus bertemu atau bertatap muka. Hal ini merupakan hal yang sangat bagus karena masa pandemi ini memaksa kita semua untuk tetap dirumah dan melakukan semua pekerjaan dari rumah, termasuk sekolah.


Tetapi, di sisi yang lain media sosial juga memiliki kekurangan yang bisa merugikan kita. Contohnya ada banyak kasus kriminal yang terjadi saat ini karena media sosial. Selain itu, Kasus penipuan online yang saat ini masih marak menyebar melalui sosial media. Serta banyaknya penyebaran berita provokatif dan berita bohong yang tidak sesuai dengan fakta dan masih banyak lagi kasus-kasus kriminal yang disebabkan oleh pengguna media sosial. Tentu saja kasus-kasus seperti ini tidak bisa dihindarkan lagi karena media sosial merupakan sarana yang bisa semua orang akses.


Sebagai remaja yang menggunajan sarana media sosial untuk segala bentuk keperluan, baik sekolah, bercerita, belajar, mencari informasi, dan lain-lain tentu harus menggunakan media sosial dengan bijak. Karena bagaimanapun juga, baik atau buruknya Internet tergantung pada diri kita sendiri. Selain itu, media sosial juga menimbulkan dampak menurunnya interaksi secara langsung. Ketika seseorang sudah mengenal sosial media, maka kecenderungan itu bisa sangat terjadi hingga terjadinya penurunan interaksi secara langsung.

Media sosial merupakan media online yang sudah pasti mempunyai banyak manfaat baik dan buruknya. Banyak manfaat yang kita rasakan sebagai pengguna media sosial, tentu dampak buruk nya pun sudah tidak bisa kita hindarkan lagi. Oleh karena itu, sebagai remaja yang menggunakan sarana media sosial untuk segala keperluan, haruslah menggunakan media sosial secara bijak dan baik. Pergunakan media sosial untuk hal hal yang positif dan bermanfaat. Dengan begitu, segala dampak dampak negatif dari sosial media akan dapat berkurang apabila pengguna media sosial menggunakannya dengan bijak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline