Lihat ke Halaman Asli

NURAFIFAH

Mahasiswa manajemen

Strategi pemasaran

Diperbarui: 25 Maret 2024   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

 1. Strategi pemasaran jasa dan produk sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup banyak karena karakteristik dari jasa dan produk itu sendiri sangat  berbeda. Produk biasanya bersifat konkret, dapat dilihat, dirasakan, dan diukur kualitasnya secara langsung, sedangkan jasa bersifat abstrak, tidak bisa disimpan, dan kualitasnya sulit untuk diukur secara langsung.

Namun, ada beberapa prinsip dasar pemasaran yang bisa kita terapkan baik untuk jasa ataupun produk, seperti pemahaman target pasar, segmentasi pasar, positioning, branding, promosi, dan distribusi.

nahh Jadi, meskipun ada perbedaan antara strategi pemasaran jasa dan produk, tetapi ada juga beberapa kesamaan dalam prinsip dasar pemasaran yang bisa kita terapkan untuk keduanya.

2 .Pendapat saya adalah bahwa bauran pemasaran merupakan instrumen yang sangat penting bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran perusahaan. Setiap elemen dalam bauran pemasaran saling terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain, sehingga harus diatur dengan baik agar dapat menciptakan nilai bagi pelanggan dan mencapai tujuan perusahaan. Misalnya, produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan  pasar, harga harus bersaing dan menguntungkan bagi perusahaan, distribusi harus efisien, dan promosi harus efektif .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline