Lihat ke Halaman Asli

Nur Afifah

Mahasiswa

Kiat Menjadi Sukses di Manajemen Proyek Jarak Jauh

Diperbarui: 6 Juni 2022   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen proyek jarak jauh melibatkan dan memastikan proyek berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu dan anggaran dana, Tentunya ini bukan hal yang mudah, komunikasi dan motivasi adalah perhatian utama bagi perusahaan jarak jauh, kedua hal tersebut sangat penting untuk menjamin manajemen proyek yang baik.

Dalam sebuah laporan manajemen proyek jarak jauh, ditemukan 39% perusahaan menggunakan campuran pendekatan manajemen proyek yang unik untuk menyelesaikan pekerjaan. Bekerja melintasi zona waktu yang berbeda dan kurangnya visibilitas menjadi tantangan yang paling umum.

Apa yang membuat manajemen proyek jarak jauh berbeda? Mengelola proyek dari jarak jauh memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa manfaat dari manajemen proyek jarak jauh:

1.Peningkatan Produktivitas -- 77% anggota tim menyatakan, mereka lebih produktif saat bekerja dari rumah. Selain itu, 86% pekerja jarak jauh menggambarkan produktivitas mereka baik atau sangat baik.

2.Mengurangi Pergantian -- Studi menunjukkan, anggota tim jarak jauh 13% lebih mungkin untuk bertahan di perusahaan saat ini. Alasan utamanya adalah mereka umumnya lebih bahagia daripada anggota tim kantor.

3.Biaya Lebih Rendah -- Tim jarak jauh biasanya lebih terjangkau daripada tim di tempat. Faktanya, perusahaan dapat menghemat biaya per karyawan saat beralih ke operasi jarak jauh.

4.Akses ke Talenta Terbaik -- Mengelola tim jarak jauh berarti Anda dapat merekrut orang-orang dari seluruh dunia. Ini memastikan Anda tidak akan dibatasi untuk merekrut bakat yang tersedia secara lokal. Sebagai gantinya, Anda dapat menyewa yang paling cocok untuk posisi tersebut terlepas dari lokasinya.

Selain itu, tim jarak jauh juga perlu menangani hal-hal berikut:

1.Komunikasi Tim Lebih Sulit

Sulit bagi tim jarak jauh untuk berkomunikasi secara efektif karena memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berbicara dan perlu mengandalkan teknologi untuk melakukannya. Jika sebuah tim menggunakan banyak alat yang berbeda untuk tetap berhubungan, informasi dapat hilang dan kesalahpahaman dapat terjadi.

2.Penjadwalan Bisa Menjadi Mimpi Buruk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline