Lihat ke Halaman Asli

Nur afifa

Mahasiswa

Peran Pendidik di Masa Pandemi

Diperbarui: 13 Agustus 2020   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peran Pendidik dimasa Pandemi

Pandemi Covid-19 sudah tak asing lagi terdengar ditelinga kita, ini merupakan suatu jenis wabah penyakit yang sedang merajalela menghantam belahan dunia manapun,  tak jarang banyak kerugian terjadi dari berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan. Di masa pandemi ini peran Pendidik sangat dibutuhkan dalam memberi pembelajaran terhadap peserta didik,tidak hanya berupa materi ajar tetapi juga mengenai pengembangan karakter peserta didik itu juga sangat harus diperhatikan, mengingat di masa pandemi ini sangat sulit untuk berkegiatan belajar mengajar seperti biasanya.

Dalam menindak lanjuti proses belajar mengajar ini, pendidik membuat sistem belajar dari rumah ( daring ) , walaupun tetap belajar tetapi ini sungguh tidak efektif dan efisien. Sebagian  Peserta didik merasa sangat sulit sebab tidak memiliki fasilitas untuk menunjang pembelajaran dari rumah ini, tak jarang banyak peserta didik yang tinggal didaerah pedesaan  rela pergi jauh kekota agar bisa mendapatkan sinyal untuk bisa tetap mengikuti pembelajaran.

Di sinilah peran pendidik atau seorang guru sangat dibutuhkan agar tetap dapat memotivasi peserta didik tetap semangat dalam menuntut ilmu walaupun dimasa pendemi seperti ini, pendidik harus dapat membangkitkan minat belajar siswa kembali. Dalam hal ini seorang pendidik dituntut untuk memiliki inovasi didalam pembelajaran guna meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk terus belajar walaupun dari rumah.

Sebagai seorang pendidik tentulah kita dapat memantau siswa kita dalam proses belajar mengajar berlangsung, tetapi karena dimasa pandemi ini belajar dari rumah tentu seorang pendidik atau guru tidak dapat memantau sepenuhnya perkembangan peserta didik, disinilah peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam memantau proses belajar anaknya, selama dirumah aja orang tua harus ambil peran aktif terhadap perkembangan anaknya terutama dalam pendidikan karakter mereka.

Selain memantau perkembangan anaknya, orang tua juga dituntut untuk memfasilitasi proses belajar dari rumah, mungkin sebagian dari orang tua sangat memperihatinkan dalam hal ini, karena mengingat di masa pandemi ini ekonomi keluarga mereka juga sedikit  terhambat, tetapi semoga tidak menjadi penghalang dalam hal itu, dan menjadi sedikit perhatian dari pemerintah.

Mengingat pendidikan adalah hal yang harus sangat diperhatikan sebab, generasi sekaranglah yang akan menjadi penerus untuk memajukan Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia ini. 

Anak muda yang memiliki motivasi dan semangat yang kuat  untuk tetap belajar dan berkembang menyesuaikan pada zaman sekarang ini, harus tetap mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih ini, pendidik dan peserta didik sangat dituntut untuk belajar mengenai ilmu teknologi pada masa pandemi seperti ini, karena sangat penting untuk kita tetap bisa menyesuaikan keadaan dan meyeimbangi kecanggihan tekhnologi pada masa seperti sekarang ini.

NUR AFIFA, MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline