Lihat ke Halaman Asli

Nur Adila Mahda Fiqiha

Masyaallah tabarakallah

Tim KKN UPGRIS Kembangkan UMKM Desa Limbangan dan Perkenalkan Produk Kopi Gula Aren pada Ibu-ibu PKK

Diperbarui: 23 Februari 2022   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Limbangan, Kendal -- Minggu, 13 Februari 2022 tim KKN UPGRIS Desa Limbangan melaksanakan sosialisasi UMKM bersama Ibu-ibu PKK yang bertempat di rumah Bu Yuli RT 3 RW 3 Desa Limbangan, Kabupaten Kendal. Tim KKN UPGRIS mengembangkan UMKM gula aren yang dibuat oleh Ibu Suana, selain gula aren Bu Suana juga memproduksi kopi yang sudah diolah menjadi serbuk halus, tentu hal ini mempermudah tim KKN dalam pembuatan produk kopi gula aren. 

Pada sosialisasi tersebut ada sekitar 12 Ibu-ibu PKK dan 13 mahasiswa KKN yang hadir, tim KKN berinovasi mengolah gula aren menjadi produk kopi modern dengan berbagai varian rasa. Saat sosialisasi berlangsung, tim KKN bidang UMKM memamparkan jenis varian rasa kopi, manfaat dan keistimewaan produk kopi gula aren. Ada beberapa jenis varian rasa yaitu kopi original, kopi gula aren jahe dan kopi gula aren creamer. "Sedangkan manfaatnya dari gula aren yaitu selain memiliki kandungan kalori yang tinggi, gula aren juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga jika dikonsumsi baik untuk pencernaan dan menghambat penyerapan kolestrerol oleh tubuh". Ujar Nova selaku mahasiswa program studi teknologi pangan.

Selain gula aren, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. "Kopi memiliki manfaat sebagai antioksidan yang lebih tinggi dari teh dan cokelat. Selain itu kopi juga mampu merangsang kinerja otak dan kanker". Ujar Sintya selaku mahasiswa program studi teknologi pangan.

Keistimewaan produk kopi yang dibuat tim KKN adalah menggunakan gula aren asli khas Desa Limbangan, tentu ini merupakan cara tim KKN mengenalkan gula aren milik Ibu Suana, hal yang menarik juga kopi yang dibuat bisa langsung di seduh. Tujuan tim KKN UPGRIS Desa Limbangan membuat produk kopi ini agar UMKM gula aren mendapatkan konsumen yang lebih luas dan di kenal di desa setempat maupun di luar kota, tak hanya produk kopi yang di kenal namun kami harap serbuk kopi dan gula aren juga dapat di kenal sehingga mendapatkan konsumen yang lebih luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline