Adiyatma Nur Zain P, Nururiza Nanda Rahmitasari, Susilo Tri Widodo, S.Pd., M.H., dan Nur Indah Wahyuni, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD N 03 Tambakaji
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan kewarganegaraan di jenjang sekolah dasar maupun menengah pada pelaksanaannya di sekolah diberikan nama sebagai mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memiliki fokus pada materi yang membentuk karakter warga negara Indonesia agar memahami serta melaksanakan hak serta kewajiban sebagai seorang warga negara yang terampil, cerdas, maupun berkarakter dengan berorientasi pada Undang-Undang Dasar tahun 1945 dan Pancasila sebagai falsafah bangsa. Pengajaran dan pemahaman mengenai pendidikan pancasila dan kewarganegaraan perlu dilakukan analisis serta penerapan nilai-nilai di mata pelajarannya dengan berbagai nilai bangsa Indonesia di dalamnya. Pembelajaran dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan saat ini terus mengalami penyesuaian serta pengembangan secara fluktuatif dari segi model pembelajaran hingga substansi yang disampaikan untuk menghadapi berbagai tantangan global yang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H