Lihat ke Halaman Asli

Nur Salikin

Mahasiswa

Edukasi dan Implementasi Celengan Targer Guna Belajar Mengelola Uang Sejak Dini

Diperbarui: 19 Agustus 2022   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan. Menabung menjadi salah satu cara mengelola keungan untuk mencapai yang kita mau.Pada tanggal 02/08/2022 Nur Salikin mahasiswa prodi manajemen dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan edukasi dan implementasi celengan target guna belajar mengola uang sejak dini yang bertempat Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Demangan yang diikuti siswa siswi kelas 1 sampai kelas 6. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata di desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Dalam hal ini mengedukasi untuk mengajak menabung melalui media celengan target agar dapat memotivasi untuk menabung sejak dini sehingga dengan celengan target yang dapat menginggat bahwa setiap hari harus menabung dan target di inginkan cepat tercapai. dengan cara memulainya untuk menyisihkan uang saku terlebih dahulu sebelum jajan dan mengutamankan uang untuk ditabung. Menabung dicelengan memberikan manfaat kepada anak-anak untuk belajar melatih hidup hemat, belajar kemandirian dengan bisa membeli sesuatu dengan uang sendiri, belajar mengatur keuangan dengan menggunakan uang seperlunya sisanya digunakan buat menabung.

Dok. pribadi

Selanjutnya dalam kegiatan ini siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Demangan di ajak secara langsung membuat target tabungan yang akan ditempel dicelengan untuk mengawali menabung dicelegan target agar semua siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Demangan dapat mengimplementasikan budaya gemar menabung serta diharapkan bisa mengelola uang sejak dini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline