Lihat ke Halaman Asli

Model Pembelajaran PBL

Diperbarui: 14 Desember 2023   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran Problem Based Learning di SMKS Roudlotul Mubtadiin, Jepara/Dok pribadi

Problem based learning

Sebuah inovasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik

 

Oleh : Nur Hikmah, S.Pd.

Instansi : SMKS Roudlotul Mubtadiin

Alamat : Ds. Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara

Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melibatkan peserta didik secara aktif didalamnya. Dengan memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu Upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan tersebut pada inti nya merupakan interaksi dua arah antara guru dan peserta didik. Guru dituntut supaya memiliki sikap keterbukaan dan kompetensi dalam situasi belajar mengajar yang lebih baik perlu dimilikinya. Guru harus memiliki berbagai kemampuan sebagai fasilitator dalam pembelajaran yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensi profesinya adalah kemampuan mengembangkan model pembelajaran. Seorang guru harus dapat menyesuaikan antara model yang dipilihnya dengan kondisi siswa, materi pelajaran, dan sarana yang ada. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasai beberapa jenis model pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan lancar dan tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model Problem Based Learning. Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang pada aplikasinya mengutamakan penyelesaian masalah umum yang lazim terjadi dalam setiap prosesnya. PBL ini dapat diartikan menciptakan suasana belajar yang mengarah terhadap permasalahan sehari-hari. Model pembelajaran yang terdiri atas beberapa sintaks yaitu orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil dari proses pengkajian salah satu penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline