Lihat ke Halaman Asli

Cerita Minggu ke-5 yang Semakin Seru

Diperbarui: 7 Februari 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tidak terasa sudah dipenghujung minggu ke-5.

Welcomeback kegiatan KKN UNEJ Kelompok 17 yang semakin seru dan berkesan bagi semuanya. Baik dimulai dari kelompok kami ikut membantu SD N Bagorejo 3 dalam mempersiapkan Padang Bulan yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Febuari 2023. Sebagian kelompok kami berpartisipasi dalam membuat ornamen yang akan di pakai siswa SD N Bagorejo 3 untuk acara tersebut serta melihat proses latihan para siswa SD N Bagorejo 3. 

Dokpri

Pada minggu ke-5 ini juga kami berkeliling UMKM yang berada di desa Bagorejo untuk membuat video kenang-kenangan karena sebentar lagi KKN telah usai untuk diserahkan kepada desa Bagorejo. UMKM yang dituju yaitu Marning milik Bapak Lukman, Marning milik Bapak Wahyudi, Marning milik Bapak Ta'im, Marning milik Bapak Ismail, Marning milik Bapak Imam, Tahu Tempe milik Bapak Poniman, Tempe milik Bapak Nanang, dsb. Setiap UMKM terutama marning pasti memiliki ciri khasnya, pangsa pasarnya, keunikan, dll. 

Di desa Bagorejo ada sekitar 6 UMKM marning tetapi hanya diambil 5 sebagai sampel untuk pembuatan video UMKM. Masyarakat desa Bagorejo yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani Palawija membuat persediaan jagung melimpah sebagai salah satu bahan pokok pembuatan marning. Maka kelompok kami menonjolkan UMKM di desa Bagorejo terutama marning karena merupakan potensi desa Bagorejo dibuktikan dengan banyaknya UMKM Marning di desa Bagorejo.

Dokpri

Kelompok kami juga berkontribusi dalam acara Pengajian di desa Bagorejo pada hari Sabtu tanggal 4 Febuari 2023 pada salah satu Pondok Pesantren di desa Bagorejo. Karena masyarakat desa Bagorejo mayoritas beragama Islam. 

Dokpri

Di hari Senin tanggal 6 Febuari 2023 kelompok kami berpartisipasi juga dalam Posyandu Anak yang diadakan setiap sebulan sekali disalah satu Posko Posyandu Salak 74. Dilakukan untuk observasi ibu hamil, perkembangan anak dengan mengukur tinggi badan dan mengecek berat badan untuk pencegahan stunting pada Desa Bagorejo. Masyarakat desa Bagorejo dengan tertib mengikuti kegiatan Posyandu.

Dan kegiatan hari terakhir minggu ke-5 pada hari Selasa 7 Febuari 2023 adalah Sosialisasi Pengabdian Dosen yang dilaksanakan di MA Darul Huda dan SD N Bagorejo 3. Sosialisasi Pengabdian Dosen bertema tentang Pencegahan DBD atau Demam Berdarah dan Pengolahan Minyak Jelantah untuk Bahan Bakar seperti Biodisel dan Biosolar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline