Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Minggu Kedua Kelompok 17 KKN UNEJ bersama Lansia dan UMKM Desa Bagorejo

Diperbarui: 17 Januari 2023   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiataan yang dilaksanakan seluruh kampus di indonesia dengan tujuan supaya mahasiswa dapat belajar, lebih dekat  dan berbaur dengan masyarakat. Begitu juga Universitas Jember menerjunkan puluhan kelompok KKN di periode gasal tahun 2022/2023. Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 17 bertugas di desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. 

Selama dua minggu menjalani KKN di desa Bagorejo, mahasiswa KKN UNEJ kelompok 17 telah melakukan beberapa  kegiatan. Seperti kegiatan  kerja bakti, mahasiswa juga aktif berpartisipasi melakukan kerja bakti. 

Sejauh ini kerja bakti sudah dilakukan dua kali yakni di area sekitar makam di salah satu dusun Desa Bagorejo yaitu Dusun Krajan dan di area Kantor Desa Bagorejo. 

Pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 dilakukan kerja bakti di area Kantor Desa Bagorejo, kerja bakti tersebut yaitu dilakukan pembersihan rumput yang sudah lebat, membersihkan sampah-sampah dedaunan serta membersihkan saluran air atau selokan di depan Kantor Desa agar tidak tersumbat.

Dokpri

Dokpri

Kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa KKN UNEJ kelompok 17 yakni melakukan kegiatan kunjungan ke usaha rumahan produksi marning.Di tempat tersebut mahasiswa membantu produksi seperti penggorengan, pendinginan serta pengemasan produk marning. 

Sambil melakukan pengerjaan produksi mahasiswa juga melakukan berbagi ilmu dan pengalaman serta diskusi terkait pengolahan, pengembangan dan pemasaran produk marning. 

Produk rumahan yang dikunjungi oleh Mahasiswa KKN Kelompok 17 tersebut sudah berjalan selama 4 tahun serta sudah memiliki brand yang bernama "Marning 78", produk "Marning 78" sudah memiliki ijin usaha PIRT ( Pangan Industri Rumah Tangga).

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline