Lihat ke Halaman Asli

Terapkan Pembelajaran Kontekstual, MAN 3 Bantul Gelar Manasik Haji

Diperbarui: 14 Juni 2024   06:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Tim Publikasi MAN 3 Bantul

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul menyelenggarakan pembelajaran kontekstual dengan melaksanakan kegiatan Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra, Jl. Muntal, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/06). Kegiatan ini diikuti oleh 210 siswa kelas X. Tampak para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebelum berangkat, Rombongan manasik haji siswa MAN 3 Bantul mengikuti apel pemberangkatan, di lapangan. Kepala madrasah, Syamsul Huda menghantarkan keberangkatan para siswa dalam apel ini.

Huda berharap, melalui kegiatan ini para siswa dapat mempraktikan pengetahuan dan teori yang didapatkan di kelas. Kamad mengajak seluruh peserta manasik untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Kegiatan manasik haji merupakan bentuk pembelajaran kontekstual. Kegiatan ini juga menjadi perjalanan spiritual keagamaan untuk untuk mewujudkan generasi yang bertakwa. Galilah ilmu sebanyak-banyaknya dari manasik haji ini. semoga kelak ananda benar-benar diberi kesempatan dan kemampuan, bisa ke tanah suci, untuk melaksanakan ibadah haji di baitullah,” tutur Huda.

Rusnani, koordinator rumpun keagamaan mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan manasik haji ini, siswa didampingi oleh 15 guru & tenaga kependidikan. “Manasik kali ini, para siswa dibagi menjadi 5 kelompok sesuai bus, dan setiap kelompok didampingi oleh 3 orang pendamping. Kegiatan ini menjadi pembinaan mental dan spiritual yang baik untuk siswa,” ungkap Rusnani.

Perjalanan manasik haji dimulai pukul 07.30. Setelah 3,5 jam waktu perjalanan, rombongan manasik haji tiba di tempat manasik haji ekskusif Firdaus Fatimah Zahra. Siswa berganti pakaian menggunakan kain ikhram dilanjutkan foto bersama sebelum mengikuti rangkaian manasik haji.

Dok. Tim Publikasi MAN 3 Bantul

Dalam kegiatan manasik haji ini siswa dibimbing pemandu dari Firdaus Fatimah Zahra. Siswa mempraktikkan tata cara umrah dan ibadah haji baik syarat, rukun dan wajibnya haji sesuai bimbingan pemandu. Tempat yang seperti nyata di lokasi sesunguhnya membuat siswa sangat antusias. Usai melaksanakan manasik haji siswa diberikan kesempatan untuk  mengunjungi Arabian Park dan berfoto di berbagai spot yang sangat menarik di tempat manasik haji ekslusif ini.

Dok. Tim Publikasi MAN 3 Bantul

Usai mengikuti manasik haji, siswa melanjutkan perjalanan spiritual di Masjid Agung Jawa Tengah. Perjalanan manasik haji ini memberikan pengalaman spiritual yang luar biasa bagi siswa. Zahrotul Khoiriyan, siswa X B mengungkapkan pengalaman yang ia rasakan setelah mengikuti manasik haji ini.

“Alhamdulillah dapat mengikuti manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra. Manasik haji ini memberikan pengalaman yang luar biasa untuk saya. Melalui kegiatan ini saya semakin paham tentang tata cara melaksanakan umroh dan haji. Tempat yang seperti nyata membuat saya merasakan pula suasana ibadah haji. Semoga kelak saya dapat melaksanakan ibadah haji di tanah suci,” ungkap Khoir. (sal)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline