Lihat ke Halaman Asli

Strategi Kampanye yang Dilakukan oleh TKN Prabowo Gibran

Diperbarui: 28 Maret 2024   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apabila berbicara mengenai kampanye dan pemilu tahun 2024 tentunya tidak lepas dari pasangan fenomenal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selain karena polemik yang mewarnai pencalonan keduanya tetapi juga berbagai strategi kampanye yang dilakukan , tim pemenangan Prabowo Gibran dinilai jor -jor.an dalam melakukan kampanye politik.

Hal ini dikarenakan Prabowo Gibran menggunakan strategi kampanye yang menyasar anak muda dengan berbagai tren yang dilakukan di media sosial, mulai dari mengusung lagu Ok gas ok gass , yang digunakan sebagai lagi resmi pasangan ini hal ini karena dinilai mudah dipahami dan lekat dengan kalangan muda.

Selain hal tersebut Prabowo dan Gibran juga fokus terhadap pembangunan emosional pada golongan anak muda dengan mengangkat isu isu pribadi Meraka contoh kisah percintaan pak Prabowo dan ketulusan yang dilakukan beliau menjadi sebuah power tersendiri, hal ini tentunya memberikan rasa empati kaum muda bagi memilih.

Dan tak lupa dengan kreativitas pak Gibran dalam menanggapi seluruh jokes -jokes yang berkembang mulai dari Sam sulfat , Samsul dll hal ini malah dijadikan sebagai salah satu strategi kampanye dari beliau , saat pada debat cawapres Gibran juga menggunakan pakaian bercorak santai dengan logo Naruto maupun one piece sebab Gibran banyak dikaitkan dengan negeri Konoha dan boruto.

Nilai atau pesan utama yang ditampilkan oleh pasangan Prabowo Gibran adalah kedekatan dengan anak muda , menyuarakan aspirasi anak muda , dan membuat politik santai serta dekat dengan kaum muda , tidak hanya itu dengan mengusung kata kerja nyata hal ini juga memberikan pesan bahwa tim Prabowo Gibran adalah tim yang mengedepankan kerja nyata daripada retotika belaka sehingga langsung berdampak pada masyarakat.

Strategi yang dilakukan sangatlah berhasil buktinya hasil akhir pemilu tahun 2024 menunjukkan pasangan Prabowo Gibran menang telak dari lawannya dengan perolehan 50% suara lebih dan juga strategi mereka di media sosial khususnya tiktok sangatlah berhasil , anak muda cenderung memilih pasangan Prabowo Gibran dengan seluruh image yang mereka bangun dari awal. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline