Lihat ke Halaman Asli

Nur Fadhilah

Astisten Peneliti/ Puslitkes Undip

Peduli Kesehatan Lansia, UNDIP dan KORMI Sumbangkan Alat Kesehatan Untuk Kelompok Lansia

Diperbarui: 29 Agustus 2023   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Diponegoro bekerjasama dengan KORMI menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di tahun ke-2 pada Kelompok Lansia Mawar Putih RW 09 Kelurahan Gajahmungkur, Kota Semarang Minggu (27/08/2023).

Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka meningkatkan peran KORMI dalam mengembangkan taman lansia di Kota Semarang melalui penyediaan fasilitas olahraga dan alat kesehatan. Acara ini bertepatan dengan hari jadi fisioterapi Indonesia ke 55 dan hari fisioterapi dunia ke 71.

Serangkaian kegiatan yang digelar dalam acara tersebut berupa senam pencegahan osteoporosis, bakti sosial, edukasi kesehatan, chek up kesehatan, dan pendampingan para lansia melakukan pencegahan osteoporosis serta on site asessesment oleh IFI Cabang Semarang.

Perwakilan ketua pengabdian dari UNDIP drh. Siti Susanti, Ph.D mengatakan “Program pengabdian masyarakat dalam pengembangan taman lansia melalui penyediaan alat kesehatan bagi lansia ini bertujuan untuk pengecekan kesehatan lansia secara berkala, baik itu mengecek kadar gula darah, asam urat, kolestrol, dan tekanan darah, sehingga lansia dapat mengevaluasi kesehatannya secara rutin dan bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi,” ujarnya.

lansia-64ed54f818333e0e0a290342.jpg

Harapannya dengan adanya fasilitas alat kesehatan yang diberikan, kelompok lansia dapat melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan mandiri. 

Adanya pengecekan kesehatan rutin bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan, baik itu kadar gula darah, asam urat, kolestrol, dan tekanan darah sehingga lansia bisa melakukan pencegahan penyakit dan senantiasa melakukan pola hidup sehat.

Acara tersebut sangat meriah dan mendapat antusias yang luar biasa dari lansia. Lansia mengikuti setiap rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara. Poksila mawar putih sangat menyambut baik dengan adanya bantuan pengadaan fasilitas alat olahraga ramah usia dan alat kesehatan di taman lansia Gajahmungkur Harapannya, dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi lansia dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan lansia.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline