Lihat ke Halaman Asli

Nur Asifudin

Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana UPGRIS

Inovasi Pustakawan, Agen Perubahan di Era Informasi

Diperbarui: 4 Juli 2024   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Inovasi merupakan ide, atau cara ataupun obyek yang dipersepsikan oleh seseorang sebagai yang baru. inovasi juga sering digunakan untuk merujuk pada perubahan pada perpustakaan dan pustakawan. oleh karena itu pustakawan harus unggul dalam memberikan pendampingan, melayani dan memberikan konsultasi informasi dan pengetahuan di era informasi kepada pemustaka.

Pada era informasi saat ini, pustakawan dituntut untuk berinovasi tiada henti. tuntunan ini dikarenakan perkembangan informasi telah berkembang pesat, berubah dalam skala perhitungan detik. bahkan informasi kini berperan sebagai ruh dari revolusi teknologi, bilamana teknologi telah memperoleh ruh berupa informasi, maka masyarakat teknologi akan mencapai keuntungan secara pola pikir maupun sikap. pustakawan harus mampu mengubah struktur paradigma yang strategis

Era  Informasi merupakan suatu masa yang penuh dengan informasi baik berupa verbal maupun nonverbal yang telah diolah semedikan rupa sehingga mempunyai arti informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi sipenerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu dan keputusan mendatang. Informasi dapat berisi data mentah, data tersusun, kapasitas sebuah saluran komunikasi dan sebagainya. Informasi ibarat air yang mengalir di dalam suatu organisasi sehingga keberadaan informasi menjadi sangat penting bagi masyarakat untuk menggali informasi.

Informasi adalah suatu pengetahuan yang berguna untuk pengambilan keputusan. Yang dimaksud disini yaitu informasi merupakan sesuatu hal yang dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu oleh masyarakat pengguna untuk kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu informasi mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu, dari jauh menjadi dekat.

Pustakawan harus berinovasi yang tiada henti, karena di era informasi harus mempunyai ide dalam berinovasi agar memiliki sesuatu yang baru dalam melayani pemustaka. Oleh karena itu pustakawan harus unggul dalam memberikan pendampingan, melayani, dan memberikan konsultasi informasi dan pengetahuan di era milenial kepada pemustaka. 

Salah satu inovasi pustakawan dalam mengemas informasi dengan cara meningkatkan kompetensi pustakawan. Karena dengan keterampilan dan kepiawaian seorang pustakawan sangat diperlukan untuk memberikan layanan prima kepada para pemustaka dalam menyediakan informasi. Keunggulan dan kecendikiawanannya dalam berbagi dan mengemas informasi dan sumber belajar akan sangat teruji ketika memberikan pendampingan dan konsultasi kepada pemustaka di perpustakaan. Kesungguhan dan komitmen untuk berbagi ilmu dan pengetahuan secara langsung dan tidak langsung menjadi bagian proses pendampingan untuk melayani para pemustaka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline