Lihat ke Halaman Asli

Nur Maulidah Apriliyani

Mahasiswi UIN Jakarta 2022

Penalaran: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Diperbarui: 8 Juni 2023   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo teman-teman, gimana kabarnya hari ini? bahagia atau sedih? dimana pun kalian semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Nah, kali ini aku akan membahas tentang penalaran. Kalian pasti sudah tidak asing kan dengan kata penalaran? Bagi yang belum tahu penalaran itu apa, kalian bisa simak penjelasan aku yaa dan bagi yang sudah tahu juga kalian bisa baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Penalaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, penalaran adalah hal mengembangkan atau mengendalikan sesuatu dengan nalar dan bukan dengan perasaan atau pengalaman. Sedangkan menurut ahli, penalaran adalah suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan (Suriasumantri, 2014: 13). Menurut Keraf (2014: 2), penalaran sebagai proses berpikir yang berusaha menghubungkan fakta-fakta yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan. Sedangkan menurut Shurter dan Pierce (2014: 4), penalaran merupakan terjemahan dari reasoning yaitu suatu proses untuk mencapai kesimpulan logis dengan berdasarkan pada fakta dan sumber yang relevan. Adalagi nih pengertian penalaran menurut ahli, yakni menurut Suherman dan Winataputra berpendapat bahwa penalaran adalah proses berpikir yang dilakukan dengan suatu cara untuk menarik kesimpulan. 

Jenis-Jenis Penalaran

Untuk memahami penalaran lebih dalan, kita perlu mengetahui jenis-jenisnya juga nih teman-teman. Yuk simak

1. Penalaran Deduktif

Menurut indeed, penalaran deduktif adalah sebuah proses menarik kesimpulan dari sebuah premis umum untuk membuat sebuah kesimpulan khusus yang logis. Lebih sederhananya lagi penalaran deduktif itu proses berpikir menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus. Contohnya sebagai berikut:

Premis 1: Setiap hewan adalah makhluk hidup

Premis 2: Jerapah adalah hewan

Kesimpulannya adalah jerapah adalah makhluk hidup

2. Penalaran Induktif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline