Lihat ke Halaman Asli

Keutamaan Bulan Ramadan

Diperbarui: 20 April 2021   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulilah kita masih diberikan umur dan kesempatan dalam menyambut bulan Ramadhan pada tahun ini meskipun keadaan Ramadhan pada tahun ini masih dengan keadaan seperti tahun kemaren yang masih terdapat musibah dari pandemi virus covid 19 dan semoga datangnya bulan Ramadhan pada tahun ini membawa perubahaan bagi kita semua dan segala musibah yang menimpa kita hilang secara perlahan. 

Ramadhan adalah bulan penuh sejuta hikmah, bulan yang sangat di muliakan,dan bulan yang penuh dengan berkah, dibulan ini juga dimana segala ibadah yang kita lakukan pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT dan di ampuni dosanya.

Bulan ini juga adalah bulan yang sangat begitu dinantikan oleh umat muslim di mana seluruh hamba Allah SWT berlomba dalam memperbaiki diri di bulan suci ini,berlomba untuk mendapatkan pahala dari Allah  SWT dan merubah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Maka beruntunglah bagi mereka yang masih bisa dipertemukan di bulan Ramadhan ini dan melakukan kebaikan sepanjang bulan suci ini meskipun di dalam keadaan pandemi virus covid 19 kita sebagai hamba Allah SWT harus tetap menjalankan kewajiban kita sebagai umat muslim, karena di dalam bulan suci ini terdapat banyak keutamaan. 

Ramadhan bulan di turunkanya Al-qur'an

Ramadhan merupakan syahrul qur'an ( bulan al-qur'an ) dengan di turunkannya Al-qur'an di bulan Ramadhan sebagai bukti bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan, 

Allah SWT berfirman : 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

yang artinya : 

 "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." ( QS.Al-baqarah : 185 )

Terdapat di ayat lain Allah SWT berfirman : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline