Lihat ke Halaman Asli

Nur FitriRahmawati

Saya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan

Ada Apa dengan Moral Pelajar Masa Kini?

Diperbarui: 12 Maret 2024   17:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : https://www.gurusiana.id

Pendidikan memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang kemajuan suatu negara, tak terkecuali di Indonesia. Pendidikan merupakan bekal utama dalam menjalankan kehidupan. Pendidikan juga memiliki peranan dalam membentuk karakter dan moral para generasi penerus. Namun yang ditemukan di lapangan, karakter dan moral pelajar era saat ini sangat jauh berbeda dengan pelajar zaman dahulu. Kenyataannya kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini tidak sejalan dengan moral dan sopan santun para pelajar masa kini.

Banyak faktor yang menjadi penyebab berkurangnya moral pelajar masa kini. Salah satunya yaitu pengaruh gadget dan kurangnya interaksi serta pengawasan dari orang tua maupun keluarga. Kemajuan teknologi yang salah satunya pada gadget ini ternyata tidak selalu memberikan dampak yang positif terhadap dunia pendidikan. Gadget dapat memberikan dampak positif dan juga negatif bagi pelajar, tergantung bagaimana pemanfaatannya. Dengan adanya gadget, para pelajar bebas untuk mencari informasi yang diinginkan termasuk juga hal - hal yang berkaitan dengan materi atau pelajaran yang ada di sekolah. Namun dengan kemudahan tersebut, justru membuat sebagian pelajar semakin malas untuk berpikir, mengurangi waktu mereka untuk belajar, dan berpengaruh juga terhadap perilakunya ketika di sekolah maupun di masyarakat. Selain itu, rasa sosialisasi antar pelajar semakin berkurang karena mereka terlalu fokus untuk mengurus gadgetnya tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Faktor lain yang mempengaruhi moral pelajar masa kini juga kurangnya interaksi antara pelajar dengan orangtuanya serta pola asuh orangtua yang terlalu memberikan kebebasan kepada anaknya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam membangun moral dan perilaku para generasi muda. Faktanya banyak orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan bagi anak - anaknya hanya sebatas pada ranah sekolah saja, padahal pendidikan di rumah juga tidak kalah pentingnya terutama berkaitan dengan  moral anak -anaknya. Salah satu contoh nyata yang menjadi bukti merosotnya moral pelajar masa kini yaitu banyaknya kasus - kasus perundungan maupun kekerasan sesama pelajar, dan kekerasan terhadap guru yang dilakukan oleh siswa maupun oleh orang tua siswa. Pelajar sekarang ini juga lebih sulit untuk diatur dan seringkali membangkang terhadap perintah orangtua maupun gurunya. Kejadian ini tentunya menjadi salah satu bukti bahwa faktanya para pelajar tidak lagi memiliki rasa hormat dan takut kepada guru dimana hal ini sangat berbeda jauh dengan pelajar zaman dahulu.

Banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk menanamkan nilai -nilai karakter dan moral pada pelajar masa kini salah satunya melalui pendidikan karakter sejak usia dini. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Lingkungan sekolah dianggap memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan moral siswa. Kebanyakan orangtua juga menganggap bahwa dunia pendidikan di sekolah sudah cukup memberikan nilai moral kepada anak - anaknya. Kemerosotan karakter dan moral pada pelajar saat ini dapat diperbaiki jika kedua pihak ini dapat menjalankan perannya masing - masing dengan baik dan penuh kesadaran dalam mendidik remaja masa kini.  Untuk mengatasi hal tersebut alangkah baiknya jika pendidikan karakter bukan hanya diterapkan di sekolah saja, melainkan pihak sekolah dan keluarga saling berkolaborasi, bekerja sama, dan saling mendukung dalam mendidik para generasi muda penerus bangsa agar menjadi generasi yang memiliki moral yang baik dan berakhlak mulia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline