Lihat ke Halaman Asli

Nur azizah

Mahasiswa program studi S1 Ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN PALANGKARAYA

Peran Pemerintah dalam Menciptakan Kesejahteraan Masyarakat dan Kualitas Lingkungan Hidup

Diperbarui: 28 Juni 2023   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Seperti yang telah dituliskan di judul bahwa pemerintah ini memiliki peran yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat seperti peran pelayanan umum, peran pembangunan atau pemberdayaan, dan peran perlindungan.Pemerintah bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan kebijakan sosial yang bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.dalam membangun dan memelihara infrastruktur yang diperlukan oleh masyarakat, seperti jalan, jembatan, transportasi publik, air bersih, dan energi listrik.Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam melindungi lingkungan alam untuk kepentingan jangka panjang masyarakat. Pemerintah harus memastikan adanya keadilan sosial dalam masyarakat. Ini termasuk perlindungan hak asasi manusia, kesetaraan gender, penanggulangan diskriminasi, dan inklusi sosial bagi kelompok-kelompok yang rentan atau terpinggirkan dalam masyarakat.

Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan akses pendidikan yang berkualitas dan layanan kesehatan yang terjangkau kepada seluruh masyarakat. Dengan meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat, pemerintah dapat meningkatkan kualitas hidup, membuka peluang ekonomi, dan mengurangi kesenjangan sosial. Peran Pemerintahan adalah pelayanan kepada masyarakat, maksudnya adalah pemerintahan tidak diadakan untuk melayani dirinya sendiri. Pemerintah dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakatnya dan menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap orang dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai kemajuan bersama Pemerintah merupakan sesuatu yang berhubungan langsung dalam kehidupan bermasyarakat baik hubungan antara manusia dengan setiap kelompok masyarakat maupun keluarga sedangkan Kesejahteraan merupakan suatu keadaan yang menunjukkan bahwa masyarakat sejehtera dengan terpenuhinya kebutuhan secara material dan sosial.

Dampak negatif jika pemerintah tidak membantu menciptakan kesejahteraan masyarakat adalah Tingkat kemiskinan yang meningkat Pemerintah memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat kemiskinan di masyarakat. Tanpa bantuan dan kebijakan yang tepat, kesenjangan ekonomi dapat meningkat, jumlah penduduk miskin akan bertambah, dan akses terhadap pendidikan, perumahan layak, makanan, dan layanan kesehatan akan terbatas. Ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup dan potensi pertumbuhan ekonomi yang terhambat.selanjutnya yaitu Penurunan kualitas hidup jika Pemerintah tidak menyediakan layanan publik yang berkualitas, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, infrastruktur, dan lingkungan yang aman. Tanpa intervensi pemerintah yang memadai, kualitas hidup masyarakat dapat menurun, terutama di daerah yang kurang berkembang atau terpencil. Masyarakat mungkin tidak memiliki akses terhadap fasilitas dan layanan penting yang dapat meningkatkan kehidupan mereka.Dan risiko kerusakan lingkungan hidup akan meningkat jika pemerintah tidak melindunginya. Hal ini dapat mengakibatkan polusi udara dan air yang lebih parah, kerusakan ekosistem, hilangnya keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim yang lebih buruk. Dampak jangka panjang dari kerusakan lingkungan akan berdampak negatif pada kesehatan manusia dan keberlanjutan sumber daya alam.

Dampak positif peran pemerintah dalam membantu menciptakan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan hidup yaitu Pemerintah selalu memastikan keamanan dan perlindungan sosial bagi seluruh masyarakat termasuk melindungi hak asasi manusia, memberantas kemiskinan, memberikan jaminan sosial, dan melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan, kekerasan, dan konflik maka dengan itu masyarakat akan merasa lebih aman.Dan juga Pemerintah membantu menjaga kualitas lingkungan hidup seperti pengaturan penggunaan lahan, pengelolaan limbah, perlindungan sumber daya alam, dan penegakan hukum lingkungan serta kebijakan ramah lingkungan.

Menurut "Martha Nussbaum" seorang filsuf politik, mengembangkan pendekatan yang dikenal sebagai "pendekatan kemampuan". Ia berargumen bahwa kesejahteraan masyarakat harus diukur berdasarkan kemampuan individu untuk mengalami berbagai kehidupan yang layak secara manusiawi. Nussbaum menetapkan daftar kemampuan dasar yang penting, termasuk kesehatan, pendidikan, kebebasan politik, kehidupan emosional yang memuaskan, dan partisipasi sosial.

Dari tulisan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa peran pemerintah sangat penting dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kualitas lingkungan hidup karena kesejahteraan masyarakat sendiri merupakan suatu target dalam hidup individu masing-masing orang jika terget tersebut sudah terpenuhi maka bisa di katakan baha orang tersebut sudah sejahtera namun sebaliknya, jika suatu target tersebut belum terpenuhi maka belum bisa dikataan bahwa masyarakat tersebut sejahtera.Dan untuk mewujudkan suatu kesejahteraan tersebut maka masyarakat membutuhkan peran pemerintah didalamnya untuk membantu menciptakan kesejahteraan yang diinginkan oleh masyarakatnya.jika pemerintah tidak membantu menciptakan kesejahteraan masyarakat maka yang akan terjadi yaitu kesenjangan sosial,kemiskinan meningkat,dan terhambatnya layanan publik yang berkualitas.peran pemeri tah tidak hanya menciptakan kesejahteraan masyarakat tetapi juga membantu menungkatkan kualitas lingkungan hidup atau melindungi semua lingkungan hidup yang ada seperti perlindungan sumber daya alam ,pengelolan limbah yang benar dan menjaga ekosistem alam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline