Lihat ke Halaman Asli

Nur Iskandar Dulkarnain Daud

Belajar dan Belajar

Generasi Rahmatan Lil Alamin Harus Tahu Prestasi dan Kehebatan UNUSA

Diperbarui: 9 Januari 2021   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Unusa merupakan Perguruan tinggi dibawah naungan Nahdlatul Ulama’, Perguruan Tinggi yang memprioritaskan norma agama, entrepreneurship serta jiwa leadership. UNUSA sendiri didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS). Embrio berdirinya sendiri berawal sejak tahun 1979, yakni berupa didirikannya Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) YARSIS. 

Kemudian seiring  perjalanannya waktu berdiri pula Akademi Keperawatan YARSIS (pada tahun 1985) yang sekarang lebih dikenal sebagai STIKES YARSIS. Dengan berkat pengalaman lebih dari selama 33 tahun  dalam mengelola institusi pendidikan dan dorongan dari Muslimat NU, PC NU Surabaya, PW NU dan PB NU, maka sejak pada tahun 2012 mulai diajukannya  proses legalitas peralihan bentuk institusi ke DIKTI menjadi Universitas Sebuah lompatan besar namun terarah mulai dari proses yang panjang tersebut, diharapkan pada tahun 2013 ini dapat segera berdiri menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau yang kita kenal dengan sebutan UNUSA adalah sebuah universitas swasta islam di Surabaya yang juga  bisa dibilang baru. UNUSA yang  secara resmi ditetapkan pada tahun 2013 yang berarti usianya baru 7 tahun dan berjalan menuju 8 tahun. Unusa sendiri memiliki 14 program studi yang telah dibuka, UNUSA memiliki 2 kampus dengan fasilitas yang alhamdulillah cukup lengkap dan modern, Unusa kampus A terletak di Jln. SMEA No 75 yaitu di wonokromo dan Unusa kampus B terletak di Jln. jemursari No 57 Surabaya.

Unusa kini memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan dan kebidanan, Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kelebihan dari UNUSA yang lainnya adalah UNUSA memiliki rumah sakit sendiri, fasilitas pendukung lainnya adalah UNUSA memiliki laboratorium studio audio visual untuk praktik micro teaching bagi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, dan sarana prasarana yang tentunya bisa menunjang aktivitas belajar mengajar lainnya, Visi UNUSA Adalah menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK kemudian Misi unusa adalah menjadikan, mencetak, dan melahirkan generasi yang berjiwa Rahmatan Lil Alamin, dan UNUSA terus menerus menambah fasilitas dan prodi baru sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan masyarakat dimasa yang akan datang.

Prestasi - Prestasi UNUSA adalah :

Pada tahun 2017 UNUSA dengan gesit meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prestasi yang dimiliki UNUSA tidak cukup hanya sampai disini aja, Tiga mahasiswa unusa dari program studi D-4 kesehatan dan keselamatan kerja (k3) telah berhasil membuat kreasi yaitu holebag dan dapat diakui.

Prestasi UNUSA yang tak kalah hebat ialah pada tahun 2018 9 mahasiswa UNUSA berhasil mendapatkan beasiswa unggulan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, UNUSA memiliki keistimewaan tersendiri karena UNUSA adalah salah satu universitas swasta yang dengan penerimaan beasiswa terbanyak diseluruh provinsi Jatim kemudian prestasi lainnya adalah pada tahun 2019 beberapa mahasiswa lolos dalam pembuatan proposal PKM dalam lima bidang untuk pendanaan 2020, berkat perjuangan mahasiswa dalam meloloskan PKM nya.

UNUSA berhasil mendapat predikat peringkat kedua universitas swasta terbanyak lolos PKM terbanyak di wilayah Jawa Timur, dan prestasi yang telah diraih UNUSA ialah mahasiswa UKM pagar Nusa sabet juara di Banyuwangi internasional Championsip pada tahun 2020 yaitu 2 mahasiswa berhasil mendapat juara 3 dalam kejuaraan pencak silat Nahdlatul ulama' tingkat internasional, wah sangat hebat sekali bukan prestasi - prestasi UNUSA, saya yakin setelah ini masih banyak mahasiswa lain di tahun 2021 yang akan mengharumkan nama UNUSA karena mahasiswa UNUSA adalah mahasiswa yang cerdas, kreatif serta religius.

NAMA  : NUR ISKANDAR DULKARNAIN DAUD

NIM       : 3130020035

PRODI  : S1 SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

TUGAS UAS BAHASA INDONESIA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline