Lihat ke Halaman Asli

Nur Iskandar Dulkarnain Daud

Belajar dan Belajar

Materi Ragam Bahasa Indonesia

Diperbarui: 2 November 2020   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Di perkirakan ada kurang lebih 7000 bahasa didunia ini

10 Bahasa yang paling banyak digunakan ialah

-bahasa china

-bahasa inggris

-bahasa spanyol

-bahasa arab

-bahasa portugis

-bahasa hindi

-bahasa rusia

-bahasa Bengali

-bahasa lahnda/Punjabi

-bahasa jepang

ASAL USUL BAHASA 

menurut noam comsky bahasa muncul 60.000-100.000 tahun yang lalu di afrika. PHYRGIAN asal mula dari suambahasa ini karena dapat di ucapkan oleh semua bayi tanpa harus di ajari,bahasaber aneka ragam karena di isolasi kebudayaan ,nenek moyang cari makanan daripulau ke pulau di seluruh indoonesia mengakibatkan isolasi budaya dan akhirnyamembuat bahasa baru .

Pengertian  Ragam Bahasa ialah variasibahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda menurut topik  yangdibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan berbicara. orang yangdibicarakan.. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini masyarakatmengalami perubahan sehingga bahasa pun mengalami perubahan. Perubahan ituberupa variasi-variasi bahasa yang dipakai sesuai keperluannya. Dalam hal inibanyaknya variasi tidak mengurangi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yangefisien sehingga dalam bahasa timbul mekanisme untuk memilih variasi tertentuyang cocok untuk keperluan tertentu, yaitu disebut ragam standar. Adapunpengertian ragam bahasa menurut beberapa ahli, yaitu sebagai berikut.

 1. Ragam bahasa menurut Bachman (1999) Adalahvariasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yangdibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan,serta menurut medium pembicara.

 2. Ragam bahasa menurut Dendy Sugono (1999)Sehubungan dengan pemakaian bahasa, timbul dua masalah pokok, yaitu masalahpenggunaan bahasa baku dan tida baku, Dalam kehidupan remi. seperti di sekolah

 3. Ragam bahasa menurut Fishmaned (1968)Suatu ragam bahasa, terutama ragam bahasa jurnalistik dan hukum, tidak tertutupkemungkinan untuk menggunakan bentuk kosakata ragam bahasa baku agar dapatmenjadi panutan bagi masyarakat pengguna bahasa Indonesia.

PENYEBAB TERJADINNYA RAGAM BAHASA 

1.faktor sejarah 

2.faktor budaya

3.faktor perbedaan demografi

JENIS JENIS RAGAM BAHASA 

1.Ragam Bahasa berdasar media yang digunakan

-ragam Bahasa secara lisan

-ragam Bahasa secara tulis

2.Ragam Bahasa berdasarkan waktu penggunaan

-ragam Bahasa lama

-ragam Bahasa baru

3.Ragam Bahasa berdasarkan pesan komunikasi

-ragam Bahasa sastra

-ragam Bahasa baku

-ragam Bahasa tak baku

KESIMPULAN 

Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut carapemakaian  yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan menuruthubungan pembicara, orang yang dibicarakan. Ragam bahasa ini timbul karenalatar belakang budaya, sejarah, ataupun letak geografis. Akibatnya muncul berbagaivariasi bahasa. 

Ragam bahasa ini memiliki berbagai macam jenis yang dibedakanberdasarkan tiga hal yaitu cara berkomunikasi, cara penuturan, dan topikpembicaraan. 

Dilihat dari cara berkomunikasi, ragam bahasa dibedakan menjadidua yaitu lisan dan tulis. Dalam hal ini penggunaan ragam Bahasa secara lisanlebih baik karena seseorang dapat langsung mengekspresikan apa yang ingindiucapkapkan daripada menggunakan tulisan. 

Dilihat dari cara penuturan, ragambahasa dibedakan menjadi ragam terpelajar, dialek, resmi, dan tidak resmi.Dilihat dari topik pembicaraan, ragam bahasa dibedakan menjadi Ragam sosial.ragam fungsional, ragam jurnalistik  ragam sastra, ragam politik danhukum. 

Nama : Nur Iskandar Dulkarnain Daud

Nim : 3130020035

Prodi : S1 Sistem Informasi

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama’Surabaya (UNUSA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline