Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif pada Balita untuk Mencegah Stunting di Desa Pingaran Ilir

Diperbarui: 2 September 2023   13:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Petugas Posyandu Cempaka Putih RT.1 Desa Pingaran Ilir

Foto Pemaparan Materi Tentang ASI Eksklusif

Foto Pemaparan Materi Tentang Pijat Payudara Untuk Memperlancar ASI

Leaflet atau Brosur Yang Dibagikan


Stunting adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan usia dimana tinggi badan atau tinggi badan sangat pendek, kurang dari 2 standar deviasi (SD) pada grafik pertumbuhan, dan merupakan akibat dari kondisi yang tidak dapat disembuhkan karena pengobatan yang tidak memadai. 

ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan selama enam bulan sejak lahir, tanpa adanya tambahan pengganti makanan dan minuman lain. Masalah tumbuh kembang  lebih banyak terjadi pada bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif dibandingkan pada bayi yang mendapat ASI eksklusif. Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan memberikan asupan nutrisi yang optimal pada seribu hari pertama kehidupan (HPK) dan pada bayi yang mendapat ASI eksklusif setelah usia 0-2 tahun. Malnutrisi pada seribu hari pertama kehidupan (HPK), salah satunya  bayi tidak mendapatkan manfaat dari ASI eksklusif. Ini adalah salah satu alasan utama kemunculannya stunting dan tingginya prevalensi stunting.

Pada hari Selasa ditanggal 08 Agustus 2023 berlangsung kegiatan Edukasi Pentingnya Pemberian Asi Esklusif Untuk Mencegah Stunting Pada Balita di Desa Pingaran Ilir yang dilaksanakan oleh mahasiswi bernama Nur Syifa Salsabila atau yang sering disapa dengan Syifa. Pemberian edukasi ini berlangsung di Posyandu Cempaka Putih RT.1 Desa Pingaran Ilir yang berada di Kabupaten Banjar Kecamatan Astambul melalui leaflet/brosur yang saya bagikan serta pengisian link kuisioner mengenai Pencapaian Stop Buang Air Sembarangan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu para orang tua yang memiliki anak usia dini untuk menyadari pentingnya pemberian ASI eksklusif sejak lahir.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline