Lihat ke Halaman Asli

Nurmala Lutfi Meha

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kostribusi Mahasiswa Kelompok 45 UINSU dalam Menanamkan Nilai Islami kepada Anak-Anak Sejak Usia Dini di Rumah Qur'an H OK Abdul Djalil-Hj Mahnia

Diperbarui: 10 Agustus 2024   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Infokom KKN Kelompok 45 UINSU 

Pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral anak-anak. Penanaman nilai-nilai Islami sejak dini diharapkan dapat membekali generasi muda dengan dasar-dasar akhlak yang kuat, yang akan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Rumah Quran H.Ok Abdul Djalil-Hj Mahnia menjadi salah satu sarana yang tepat dalam melaksanakan misi mulia ini. 

Mengajar Qur'an ini di mulai hari selasa tanggal (30/07/2024) dan dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis sampai satu bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan nilai islami lebih dalam terhadap anak-anak yang belajar di rumah qur'an di Desa Air Hitam ini juga merupakan suatu pengalaman yang baik dan melatih diri mahasiswa untuk kiat juga belajar dan tidak meninggalkan,mengingat pejaran sebelumnya yang pernah ia pelajari di sekolah dan menerapkannya di rumah qur'an ini.

Infokom KKN Kelompok 45 UINSU 

Mahasiswa KKN Kelompok 45 UINSU tidak hanya memberikan pendidikan Al-Qur'an secara teori, tetapi juga menekankan pada praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan belajar mengajar di Rumah Quran, mahasiswa mengajarkan tajwid, hafalan ayat-ayat pendek,belajar membaca Iqro,Al Qur'an,serta pemahaman dasar-dasar fiqih dan akhlak Islami. Selain itu, mereka juga mengajarkan kisah-kisah teladan dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak dalam membentuk perilaku yang baik. Kontribusi mahasiswa KKN Kelompok 45 UINSU dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak-anak di Rumah Quran H.Ok Abdul Djalil-Hj Mahnia merupakan langkah yang sangat positif dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia. 

Melalui pendidikan agama yang diberikan sejak dini, diharapkan anak-anak ini akan tumbuh menjadi pribadi yang taat beragama, berakhlak baik, dan siap menghadapi tantangan kehidupan dengan dasar-dasar Islam yang kuat. Program ini tidak hanya menjadi bagian dari tanggung jawab akademik mahasiswa, tetapi juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bernilai tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam pengajaran di Rumah Quran ini sangat interaktif dan edukatif. Mahasiswa KKN berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan metode permainan edukatif yang mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain. Hal ini bertujuan untuk menarik minat anak-anak dalam mempelajari Al-Qur'an dan ajaran Islam, sehingga mereka dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dengan lebih baik. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline