Lihat ke Halaman Asli

Nurmala Lutfi Meha

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kontribusi Mahasiswa KKN Kelompok 45 dalam Proses Pembelajaran di TK PKK Air Hitam dan di Raudhatul Athfal (RA) H.Ok Abdul Djalil-Hj Mahnia

Diperbarui: 9 Agustus 2024   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Infokom KKN Kelompok  45 UINSU

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang tergabung dalam kelompok 45 Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024 telah menunjukkan dedikasinya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini. Melalui program yang dilaksanakan di TK PKK Air Hitam dan Raudhatul Athfal (RA) H. Ok Abdul Djalil-Hj Mahnia, mahasiswa KKN memberikan kontribusi signifikan dalam proses pembelajaran yang melibatkan kreativitas, pendidikan karakter, dan nilai-nilai agama. Setiap hari selasa dan kamis dimulai pada tanggal 30 Juli 2024 mahasiswa kkn kelompok 45 sebagian mengajara di TK PKK dan RA 

Kontribusi yang dilakukan oleh mahasiswa uinsu ini adalah bentuk dari mengembangkan dan membantu dari roses pembelajaran di sekolah tersebut dan membantu pengembangan pengetahuan anak usia sejak dini.Pendekatan yang diterapkan oleh mahasiswa KKN dalam kegiatan pembelajaran berfokus pada metode belajar sambil bermain. Ini dimaksudkan untuk menjadikan proses belajar lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengajarkan anak tersebut mengenalkan huruf,angka dan membaca Iqro.

Infokom KKN Kelompok  45 UINSU

Selain itu, kegiatan seni seperti menggambar, mewarnai juga menjadi bagian integral dari program KKN ini. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak-anak tetapi juga untuk melatih koordinasi dan motorik halus mereka. Dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter, mahasiswa KKN Kelompok 45 UINSU memperkenalkan cerita-cerita Islami, doa sehari-hari. Di RA H. Ok Abdul Djalil-Hj Mahnia, mahasiswa juga mengajarkan pentingnya adab dalam berinteraksi dengan sesama, baik teman maupun guru. Melalui pendekatan ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang santun, bertanggung jawab, dan memiliki pemahaman agama yang baik. 

Diharapkan, kontribusi yang diberikan oleh mahasiswa KKN Kelompok 45 UINSU ini dapat memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan anak-anak di kedua lembaga pendidikan tersebut. Pengalaman ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah, sekaligus mengembangkan kemampuan mereka dalam berinteraksi dan berkontribusi bagi masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline