Lihat ke Halaman Asli

Museum Sri Baduga Bandung

Diperbarui: 9 April 2023   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Museum Sri Baduga. Dokpri

Museum Sri Baduga adalah salah satu Museum yang ada di kota Bandung yang terletak di ruas Jalan B.K.R. 185 atau jalan lingkar selatan dan sangat dekat lokasinya dengan lapangan bersejarah di Bandung yaitu lapangan Tegallega dan berdekatan pula dengan objek sejarah di kota bandung lainnya yaitu Monumen Bandung Lautan Api. Didirikan sejak awal tahun 1974. Bangunan museum ini berbentuk rumah panggung dengan suhunan panjang ini sangat menggambarkan rumah atau bangunan khas Jawa Barat.

Fasiltas dari museum sri baduga yang terdiri dari 3 lantai bangunan museum yang bertujuan agar pengunjung museum atau wisatawan dapat memperoleh gambaran singkat tapi menyeluruh tentang perjalanan sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa barat, corak dan ragamnya, serta fase-fase perkembangan serta perubahannya.

  1. lantai satu merupakan tampilan perkembangan awal dari sejarah alam dan budaya Jawa Barat. Dalam tata pameran ini digambarkan sejarah alam yang melatarbelakangi sejarah Jawa Barat, antara lain dengan menampilkan benda-benda peninggalan buatan tangan dari masa Prasejarah hingga jaman Hindu-Buddha.
  2. lantai kedua meliputi materi pameran budaya tradisional berupa pola kehidupan masyarakat, mata pencaharian hidup, perdagangan, dan transportasi; pengaruh budaya Islam dan Eropa, sejarah perjuangan bangsa,dan lambang-lambang daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.
  3. lantai tiga, memamerkan koleksi etnografi berupa ragam bentuk dan fungsi wadah, kesenian, dan keramik asing.

Untuk sahabat traveller's yang ingin memasuki salah satu tempat wisata yang murah di bandung ini, anda akan dikenakan dengan harga tiket masuk objek wisata di bandung yang sangat murah, yaitu Rp 2.000/orang untuk anak TK, SD, SMP, dan Rp 3.000 untuk SMK, Mahasiswa serta umum dewasa. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline