EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI MAHASISWA DAN PELAJAR
Nur Azka Ramadhan
NIM 2010611060
S1 Hukum, Fakultas Hukum, UPN "Veteran" Jakarta
nur.azka@gmail.com
ABSTRAK
Mulai dari Bulan Maret 2020, akibat dari adanya pandemi Covid-19, keseluruhan satuan pendidikan Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini akan berfokus pada tingkat efektivitas belajar para pelajar dan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif dan analitis dengan pelaksanaan menggunakan media google form. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan bahwa mayoritas responden menilai bahwa metode pembelajaran jarak jauh kurang efektif dan menilai pembelajaran tatap muka lebih efektif
Kata kunci: Efektivitas, COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi.
PENDAHULUAN