BAB I
Pendahuluan
Latar belakang
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Dalam strukturnya pasar dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Dari teori-teori mengenai pasar persaingan sempurna kita bisa melihat bagaimana karakteristik pasar tersebut.
Dalam prakteknya di kehidupan sehari-hari, sulit ditemukan mana yang termasuk ke dalam pasar persaingan sempurna. Hanya terdapat beberapa pasar yang mendekati ciri-ciri struktur dari pasar persaingan sempurna, akan tetapi tidak secara keseluruhan karakteristik menunjukkan sebuah pasar persaingan sempurna.
Oleh karena itu laporan observasi ini dibuat untuk melihat salah satu bentuk pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna.
Rumusan Masalah
Bagaimana karakteristik pasar baju bekas ?
Apakah pasar tersebut dapat dikatakan pasar persaingan sempurna ?