Lihat ke Halaman Asli

Rokhmah Nurhayati Suryaningsih

TERVERIFIKASI

Keep learning and never give up

Selalu Ada Hikmah di (Balik) Setiap Kejadian

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14270185722109235368

[caption id="attachment_374390" align="aligncenter" width="439" caption="Think Positive (doc:personalityiriani.wordpress.com)"][/caption]

Saya sebenarnya ada beberapa acara untuk dikerjakan atau dikunjungi hari ini. Tentunya salah satunya adalah belanja, mumpung hari libur. Salah keduanya adalah mau mengunjungi acara Asean Literary Festival 2015 di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan yang ketiga adalah acara Sunday Sharing#15 yang diadakan oleh Detik,  bertemakan "Menulis Aman Tanpa Ancaman" dengan nara sumber Drs Kamsul Hasan. Untuk acara di TIM, kebetulan yang menjadi panitia di acara adalah tetangga dan dia pingin sekali saya datang.

Celakanya tidak ada satu pun rencana yang saya kerjakan sampai sore ini. Ada saja alasan yang saya pakai untuk tidak melakukannya, entah itu alasan panas, ngantuk, capek dan pusing. Pokoknya semua dipakai sebagai justifikasi agar saya tidak jadi berangkat.

Tidak dinyana dan tidak diduga, adik saya yang tinggal di Kebumen dan Kemayoran datang bersama anak-anaknya, tanpa pemberitahuan lebih dahulu. Memang warung kami selalu buka  setiap harinya, kecuali kalau kami berdua pergi baru tutup. Tapi seringnya saya yang pergi dan anak saya males ikut, jadi dia yang berada di rumah.

Beruntung sekali saya tidak jadi pergi untuk menghadiri acara di TIM dan Sunday Sharing #15. Jadi kami berdua bisa menemui mereka (tamu yang datang), biar pun itu adik - adik sendiri . Kalau saya jadi pergi, pastilah anak saya yang harus menemani mereka. Pada saat yang sama, dia harus melayani pelanggan. Bisa dibayangkan betapa repotnya anak saya harus menangani semuanya sendirian, sebagai tuan rumah dan melayani pelanggan di rumah kami yang mungil.

Memang semua sudah ada yang mengatur. Tapi kadang atau bahkan kita sering tidak tahu apa yang akan terjadi. Apalagi kalau tidak ada signal/pemberitahuan lebih dahulu. Itulah pentingnya kita tetap berpikiran positif, karena disanalah kita akan selalu berharap semoga hal-hal yang positif yang akan menemani kita. Seandainya tidak atau belum, kita akan berusaha untuk bisa mengambil sisi positifnya dari setiap kejadian dibanding negatifnya.

Itu saja menurut saya. Sekedar menuliskan hikmah atas kebahagiaan bisa bertemu saudara, walaupun saya tidak bisa menghadiri acara yang sudah saya niatkan sebelumnya. Semoga saya bisa mengambil hikmah dalam setiap kejadian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline