Lihat ke Halaman Asli

RPP Kelas IV Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2

Diperbarui: 8 Oktober 2022   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :    SD Negeri Tegaldatar

Kelas/Semester            : V/1

Tema                              :    3. Makanan Sehat

Sub tema                       :    1. Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

 Mupel                             : Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke-         :    2

Waktu                             : 2 x 35 menit


KOMPETENSI INTI

KI-1  :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

KI-3  :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI-4  :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


  • KOMPETENSI DASAR
    • Muatan : Bahasa Indonesia

No

Kompetensi

Indikator

3.4

Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.

3.4.1  Mengelompokkan    unsur-unsur iklan   media cetak (C4).

4.4

Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.

4.4.1  Menyusun  kata kunci  iklan media cetak (C4).

 

 

Muatan : IPA

 

No

Kompetensi

Indikator

3.3

Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.

3.3.1  Menganalisis        organ-organ pencernaan pada manusia (C4).

4.3

Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.

4.3.1 Membuat   model organ pencernaan manusia (C6).

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Dengan membaca teks, siswa dapat mengelompokkan  unsur-unsur yang terdapat pada iklan.
    • Dengan mengamati tayangan iklan, siswa dapat menyusun kata kunci yang terdapat pada iklan.
    • Melalui tayangan video pembelajaran dari youtube https://youtu.be/rwgUxUx0TN0 tentang proses pencernaan dalam tubuh manusia, siswa mampu menganalisis organ-organ pencernaan pada manusia.
    • Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat membuat model organ pada sistem pencernaan manusia.


MATERI PEMBELAJARAN

  • Informasi dalam iklan
    • Sistem pencernaan pada manusia


PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

  • Pendekatan    : Saintifik
    • Strategi             : Cooperative Scirpt
    • Metode            : Ceramah, penugasan (on line dan off line), eksplorasi, dan
    •                             Demonstrasi

    • SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    • Sumber :

Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Revisi 2019) Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).

Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 (Buku Tematik Terpadu Revisi 2019) Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).



Alat dan Media :


  • KEGIATAN PEMBELAJARAN
    •  
  • Kegiatan
  • Deskripsi Kegiatan
  • Alokasi Waktu
  • Pendahuluan

Salam dan berdoa sebelum belajar

Menyanyikan lagu wajib nasional Halo -- Halo Bandung sebagai motivasi siswa untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan informasi dalam iklan dari apa yang sering dilihat dalam keseharian peserta didik.

  • 10 menit
  • Kegiatan Inti

Guru meminta siswa membaca teks mengenai informasi dalam iklan (mengamati).

Siswa    mengamati      gambar iklan yang ditayangkan

Dengan bimbingan guru, secara berkelompok siswa melakukan identifikasi dan mengelompokkan unsur-unsur iklan (berdiskusi).

Siswa diminta menuliskan kata kunci dari iklan yang sudah diamati (mencoba).


Model Cooperative Script :

Guru meminta siswa untuk mengamati tayangan video yang ditampilkan dalam layar proyektor

Setelah mengamati tayangan video, siswa diminta untuk meringkas isi video tersebut

Dengan arahan guru siswa secara berpasangan maju ke depan kelas untuk membacakan ringkasan video yang telah tonton

Salah seorang siswa berperan sebagai pembaca dan yang lainnya mendengarkan.




Setelah salah satu siswa membacakan ringkasan dari video yang ditonton, siswa lainnya menanggapi dengan menganalisis organ-organ pencernaan manusia.

Selanjutnya siswa yang berperan sebagai pembaca menjadi pendengar dan menganalisis organ-organ pencernaan manusia.

  •  

Dengan arahan guru, siswa menggambar model proses pencernaan manusia menggunakan kertas karton/buku gambar yang telah dipersiapkan sebelumnya, mewarnai, dan menuliskan keterangan dengan tulisan yang menarik (mencoba).

Beberapa peserta didik (yang ditunjuk) diminta untuk mempresentasikan gambar sistem pencernaan manusia yang sudah dibuatnya (mengomunikasikan)

Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal  latihan.

  • 50 menit
  • Kegiatan Penutup

Refleksi kegiatan yang telah dilakukan

Guru meminta siswa yang belum mengerti untuk bertanya kembali

Guru Bersama siswa melakukan kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini

Salam dan do'a penutup.

  • 10 menit

 

PENILAIAN

  • Penilaian Sikap
    • Instrumen Penilaian    : Rasa ingin tahu, kecermatan, ketekunan, dan  ketelitian

Tingkatan Kriteria        : SB = Sangat Baik; B = Baik; C = Cukup;

  PB = Perlu Bimbingan


Format Penilaian :


  

No

Nama Siswa

Penilaian

Rasa Ingin Tahu

Kecermatan

Ketekunan

Ketelitian

SB

B

C

PB

SB

B

C

PB

SB

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline