Lihat ke Halaman Asli

NUNUK SUPRIYANTI

TK ISLAM ALBAROKAH

Pengenalan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 12 Agustus 2021   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bentuk geometri merupakan materi dasar matematika untuk Anak Usia Dini. Agar pembelajaran matematika menyenangkan bagi anak, bunda-bunda bisa mengajarkan dan mengenalkan bentuk-bentuk geometri melalui bermain dengan media nyata.

Disini bunda bisa memilih media nyata nugget ayam, mengingat nugget ayam sudah begitu familier bagi anak-anak. Maka dari itu, media nyata nugget ayam bisa dijadikan sebagai alternatif bahan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ajak anak-anak membuat nugget ayam dari membuat adonan, mengukus adonan mencetak dengan cetakan berbentuk geometri, sampai melapisi nugget ayam dengan telur dan tepung roti, dan menggorengnya.

Untuk memberi tantangan ke anak-anak, mereka bisa diajak menghias nugget mereka agar tampilannya makin bagus. Biarkan anak-anak berkreasi menurut imajinasi mereka. Misalnya bisa dibentuk menjadi boneka, mobil, kereta api , dan layang-layang, bunga, macam-macam hewan, pita,  dan lain-lain.

Melalui pembuatan nugget ayam dengan bentuk geometri, anak bisa belajar berbagai hal, antara lain : mengenal bentuk-bentuk geometri, mengenal bilangan, mengasah kemampuan mengamati bahan-bahan membuat nugget ayam, menstimulus perkembangan bahasa, mengenal ukuran, membedakan macam-macam tekstur bahan, dan lain-lain.

Jadi ayo bunda, ajak putra putri kita melakukan kegiatan proyek membuat nugget ayam berbentuk geometri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline