Lihat ke Halaman Asli

nunik rahayu

Seorang Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Ratakan Layanan Pendidikan di Negara Ini

Diperbarui: 12 April 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan adalah tonggak kemajuan bangsa. Artinya tanpa adanya pendidikan, negara ini tidak akan menjadi negara yang maju dan berkembang. Oleh karenanya maju atau mundurnya suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh adanya kualitas pendidikan. Untuk membentuk kualitas pendidikan yang maksimal, maka diperlukan adanya pendidik yang profesional atau ahli dalam bidangnya. Pendidik dalam hal ini adalah seorang guru. Tanpa adanya jasa seorang guru, maka belum tentu bangsa ini akan menjadi seperti saat ini.

Dari pemaparan diatas, dapat kita ketahui bahwa guru memiliki peran yang sangat penting bagi negara ini. Namun, jika hal ini kita amati seolah-olah guru itu tidak terlalu diperhatikan dan mungkin hanya dianggap sebelah mata. Hal ini dapat kita lihat dari adanya perjuangan seorang guru yang berada di daerah pedalaman. Beliau-beliau tersebut kurang dimendapatkan perhatian, hal ini dapat kita ketahui dari fasilitas yang beliau dapatkan, khususnya bagi beliau-beliau yang harus mengabdi di daerah pelosok. Mulai dari upah atau gaji yang beliau peroleh, akses jalan yang kurang diperhatikan pemerintah, bahkan fasilitas sekolah yang sangat terbatas, seperti buku, meja, kursi, papan tulis, perpustakaan, bahkan masih juga terdapat minimnya ruang kelas.

Hal tersebut seharusnya sudah menjadi tugas pemerintah untuk meratakan fasilitas-fasilitas layanan pendidikan. Agar tidak terjadi adanya suatu kesenjangan atau perbedaan khususnya pada layanan pendidikan bagi anak yang menempuh pendidikan di darah perkotaan atau mereka yang menempuh Pendidikan di wilayah pedesaan. Oleh karena itu, seluruh anak bangsa dapat memperoleh fasilitas atau layanan pendidikan secara maksimal dan merata. Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, maka seorang guru harus tetap diperhatikan bagi pemerinta. Yang nantinya akan menjadikan bangsa ini adil, Makmur, dan sejahtera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline