Lihat ke Halaman Asli

Nunik Indayani

Tenaga Pendidik

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Diperbarui: 13 Oktober 2022   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Visi Guru Penggerak

"Mewujudkan murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila dan Lingkungan yang Merdeka Belajar"

Latar Belakang

Filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah pendidikan merupakan tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. 

Pendidikan menuntun kodrat alam yang sudah dimiliki anak sejak lahir. Anak terlahir tidak diibaratkan sebagai kertas kosong yang dapat di isi dengan pendidikan, melainkan anak terlahir dengan pola. 

Guru diibaratkan sebagai petani yang merawat benih-benih dengan baik, memupuk benih tersebut sesuai dengan kebutuhan benih, dan membuat benih tersebut tumbuh seperti asalnya. 

Jika menanam benih jagung maka dirawat seperti cara merawat jagung hingga tumbuhlah jagung. Dalam mendidik, guru harus memperhatikan kodrat alam anak dan juga harus di sesuaikan dengan kodrat zaman agar pembelajaran menjadi bermakna untuk anak.

Ki Hadjar dewantara juga mengungkapkan adanya perbedaan antara pengajaran dan pendidikan. Pengajaran adalah proses menstransfer pengetahuan sehingga dari tidak mengerti menjadi mengerti dan tidak tahu menjadi tahu.

Sedangkan pendidikan adalah proses menumbuhkan pengalaman anak dan menumbuhkan budi pekerti mereka. Tujuan awal yang ingin dilakukan untuk mewujudkan visi guru penggerak adalah dengan menjadi pemimpin pembelajaran yang mampu memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman. 

Merancang pembelajaran dengan memperhatikan kedua kodrat tersebut akan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan untuk anak.

Tujuan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline