Lihat ke Halaman Asli

Diikuti 26 Negara, Tour de Singkarak 2014 Resmi Dimulai

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14021378301633681270

[caption id="attachment_327868" align="aligncenter" width="614" caption="Menteri Parekraf Mari Elka Pangestu melepas peserta Tour de Singkarak 2014 di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, sabtu (7/6/2014)."][/caption]


PadangPariaman – International event Tour de Singkarak 2014 resmi dimulai. Stage 1 Tour de Singkarak 2014 ditandai dengan pelepasan peserta Tour de Singkarak oleh Menteri Parekraf Mari Elka Pangestu didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, nagari Parit Malintang, sabtu siang tadi (7/6).

Tour de Singkarak tahun 2014 ini diikuti oleh tim race sepeda dari 26 negara, diantaranya berasal dari Prancis, Iran, Malaysia, Singapur, Indonesia, Spanyol, Uni Emirat Arab. Menteri Parekraf Mari Elka Pangestu, dalam konferensi pers sebelum melepas peserta Tour de Singkarak mengatakan bahwa even internasional Tour de Singkarak yang dipusatkan di Kabupaten Padang Pariaman tahun ini, memberi dampak besar terhadap ekonomi kreatif di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Padang Pariaman. “Bukan hanya Tour de Singkarak saja, dengan even ini perkembangan ekonomi kreatif di Sumbar khususnya di Padang Pariaman semakin baik. Selain itu, jumlah hunian seluruh hotel jauh meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menerangkan bahwa dengan even Tour de Singkarak, Sumatera Barat menjadi destinasi para wisatawan baik internasional maupun lokal. “Melalui even ini juga potensi-potensi objek wisata yang ada di sumatera barat menjadi daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi peserta Tour de Singkarak, tetapi juga para wisatawan asing yang ikut hadir menyaksikan Tour de Singkarak,” ujarnya.

Untuk diketahui, Tour de Singkarak 2014 dimulai tanggal 7 Juni – 15 Juni 2014. Pada etape pertama ini, setelah Grand Start di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, peserta melewati rute Pasar Dama-Sicincin-Kuraitaji-Pauh Kambar-Pakandangan-Simpang Sungai Asam-Simpang Lubuk Alung- Ulakan-Pantai Kata dan Pantai Gandoriah.

Sementara itu, untuk keseluruhan rute hingga 15 Juni, peserta Tour de Singkarak akan menempuh 1.250 Kilometer dalam 9 stages yang akan melalui 18 kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat yaitu Padang Pariaman- Pasaman-50 kota-Bukit Tinggi-Payakumbuh-Padang Panjang-Sijunjung- Sawah Lunto-Pesisir Selatan-Pariaman-Pasaman Barat-Tanah Datar-Agam-Solok-Kota Solok-Dharmasraya-Solok Selatan-Padang. (nu).

Reporter: Nugroho Tri Putra.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline