Lihat ke Halaman Asli

Sam Nugroho

Notulis, typist, penulis konten, blogger

Halal Kulture Market Sasar Generasi Zilenial Sadar Gaya Hidup Halal

Diperbarui: 15 Juli 2024   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peluncuran Halal Kulture Market Indonesia "Connected, Elevated halal into Your Lifestyle" (dokpri)

Hidup di era kiwari dimana teknologi digital semakin tak terbendung lagi, membuat generasi muda saat ini yang dikenal dengan generasi milenial dan Gen Z atau disebut juga sebagai generasi Zilenial dianggap memiliki karakter dengan mental dan gaya hidup yang unik dan khas. Lebih jauh dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Begitu pesatnya arus informasi yang dikemas secara dinamis dan mudah diakses dari berbagai platform media sosial, sehingga menstimulasi mereka akan banyaknya pilihan dan telah mengubah pandangan hidup yang cenderung lebih terbuka (open minded), kreatif, lebih ekspresif, ingin serba praktis, instan dan multitasking (serba bisa).

Namun, di sisi lain malah kontradiktif, khusus untuk Generasi Z yang justru cenderung memiliki beberapa kekurangan. Seperti menjadi kurang fokus, egosentris, dan kerap mengalami tingkat stres, kecemasan (overthinking) dan depresi yang cukup tinggi. Kondisi ini tentu saja menjadi perhatian serius banyak kalangan. Apalagi melihat data Sensus BPS di tahun 2020, dimana mereka termasuk saya berada di usia produktif yang saat ini mendominasi jumlah penduduk Indonesia yaitu sekitar 74,93 juta jiwa, dan digadang-gadang akan menjadi generasi emas Indonesia 2045.

Sebagai bentuk kepedulian dan ikhtiar terhadap pengembangan kualitas karakter spiritual generasi milenial dan Gen Z, Mumtaz Creative menggelar event bertajuk Halal Kulture Market Indonesia yang rencananya akan diselenggarakan selama tiga hari (1-3 November) di Hall 1-2 ICE BSD, Tangerang, Banten, Jawa Barat.

Kecanggihan teknologi digital faktanya telah memberikan ruang-ruang digital dalam membangun konstruksi spiritualitas generasi milenial dan Gen Z secara hybrid sehingga menjadi kurang substantif. Kehadiran Halal Kulture Market bertujuan untuk memberikan ruang eksistensi dan aktualisasi bagi mereka dalam memaknai Deen Al-Islam secara mendalam sesuai tuntunan Rasul.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Mumtaz Creative, Agung Paramata pada sesi media gathering peluncuran Halal Kulture Market Kamis (11/7), di ruang Cordoba, Menara 165, TB Simatupang, Jaksel.
Menurut Agung, keterlibatan langsung khususnya Gen Z dalam kegiatan komunitas spiritual keagamaan, dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk membangun hubungan sosial yang lebih mendalam dan memiliki makna.

Pemaparan Narasumber Sesi Media Gathering Halal Kulture Market Indonesia (dokpri)

Pada akhirnya dapat berdampak positif terhadap kehidupan dan penghidupan mereka kelak. Halal Kulture Market merupakan sebuah wadah atau platform yang menghubungkan antara kultur gaya hidup halal yang dikemas secara kreatif. Tidak sekedar pameran saja, tetapi juga akan terintegrasi dengan serangkaian program acara yang sarat dengan edukasi nilai-nilai keislaman yang inklusif dan inspiratif sehingga memberikan pengalaman berkesan bagi kalangan muda dalam menerapkan hidup halal sebagai pegangan hidupnya.

Nah, jadi dengan menyematkan prinsip hidup halal, diharapkan generasi milenial dan Gen Z dapat menjadi agen perubahan yang membawa inspirasi, harapan dan kebaikan dalam masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Di dalam Halal Kulture Market itu sendiri terbentuk sebuah ekosistem bisnis yang akan menstimulasi tumbuhnya komunitas-komunitas anak muda "hijrah" yang kreatif dengan melahirkan produk-produk halal kekinian. 

Diakui banyak kalangan, keunggulan generasi milenial dan Gen Z tidak hanya melek dan terampil teknologi, tetapi juga kreatif dan inovatif dalam berkarya, mulai dari karya seni, desain, fesyen, hingga teknologi. Kebanyakan dari mereka juga memiliki keberanian, tertantang untuk mencoba hal-hal baru dan berjiwa mandiri (wirausaha).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline