Lihat ke Halaman Asli

Sam Nugroho

Notulis, typist, penulis konten, blogger

Dukungan Produk UKM Indonesia di Ajang Asian Games XVIII

Diperbarui: 24 Agustus 2018   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masih membekas jelas dalam ingatan bagaimana meriahnya acara pembukaan (Opening Ceremony) pesta Olahraga terbesar se Asia 2018. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan akbar antar Negara di benua Asia tersebut. Sabtu (18/8) pekan lalu secara eksklusif saya dan beberapa kawan larut menjadi saksi hajatan 4 tahun sekali ini. 

Rasa bangga, haru sekaligus kagum bercampur menjadi satu tak menyangka Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) disulap menjadi lokasi event megah dan spektakuler bertaraf Internasional. Hal ini tak lepas dari kolaborasi tangan kreatif dan jenius putra-putri terbaik bangsa dalam menyukseskan acaranya. Sebut saja nama beken seperti Komposer Addie MS, Desainer Rinaldi Yunardi, Koreografer Deny Malik dan Eko Supriyanto hingga sutradara acara Wishnutama dan seluruh tim yang bekerja keras sehingga bisa terwujud sesuai rencana.

Salah Satu Maskot Asian Games 2018 (dokpri)

Tak hanya itu saja memasuki hari kelima kita sebagai bangsa Indonesia turut berbangga sebab atlet kebanggaan tanah air telah berhasil menyumbang banyak medali dari berbagai nomor dan cabang olahraga. Setidaknya Indonesia berada di posisi kelima dalam perolehan medali sementara dari seluruh kontingen Negara se Asia. 

Ada yang menarik setiap kompetisi olahraga antar Negara digelar, entah itu pada Piala Dunia, Olimpiade, Sea Games termasuk Asian Games tak terkecuali bermunculan cinderamata resmi (official merchandise) dari Negara yang menjadi tuan rumahnya. Contohnya maskot, atribut, tas hingga apparel seperti t-shirt, hoodie, topi dan pernak-pernik lainnya. 

Pada ajang Asian Games 2018 ternyata turut pula membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk memasarkan produknya sekaligus berpeluang menembus pasar mancanegara. Oleh sebab itu melalui inisiatif Tim Humas Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan acara temu media dan blogger dengan konsep Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan "UKM Menangkap Peluang Asian Games 2018" yang diselenggarakan pada Rabu pekan lalu (15/8) bertempat di Creative Stage lantai 3 Gedung Smesco Indonesia kawasan Gatot Subroto, Jaksel.

Foto Ki-ka (para pemateri dan moderator)

Pada kesempatan tersebut turut mengundang beberapa narasumber ahli terkait tema yang diangkat dalam diskusi tersebut, di antaranya:

1. Ibu Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP - KUKM.

2. Mas Mochtar Sarman, Vice Director Revenue INASGOC.

3. Abang Juan Firmansyah dari UKM DuAnyam.

Ibu Emilia mengatakan event Asian Games 2018 menjadi peluang bagi produk UMKM untuk bisa masuk ke pasar internasional. "Momentum Asian Games akan menjadi kesempatan terbaik bagi produk UMKM agar bisa dikenal oleh pasar yang lebih luas," ujarnya.

Destinasi Wisata Belanja

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline