Lihat ke Halaman Asli

Nugroho Endepe

Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Memindah Topik dari Kompasiana ke Research Gate bagi Dosen

Diperbarui: 26 April 2021   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

researchgate portal riset (foto; uwo.ca)

Menuliskan artikel ilmiah atau populer dengan harapan ditanggapi serius di forum Kompasiana agak berat sepertinya. Sampai-sampai ilmuwan serius seperti Prof Apolo atau Prof Felic Tani memilih tema yang lebih populis. Bahkan prof Efte malah menyukai plesedan dengan menaburi tulisan di kategori humor dan menyindir ke sana sini. 

Nah, kayaknya bagi dosen yang mau lebih serius silakan ke research gate yang platformnya kok mirip dengan kompasiana. Ada point yang diperoleh, dan ada viewer yang bahkan sampai bisa melacak lokasi viewer. Sehingga hasil riset akan kelihatan apakah dibaca di dalam negeri saja, atau di penjuru luar negeri. 

Dan jaringan yang ada bahkan memang para dosen dan peneliti yang kompeten di bidangnya masing-masing. Dan dijamin tidak ada centang biru atau centang hijau yang bisa membuat kejutan jeng kelin karena berharap masuk artikel pilihan, bul dibiarin sama admin. DI research gate, fokusnya ya jurnal dan hasil penelitian. 

Jadi wahai bapak ibu dosen peneliti dan mahasiswa yang pingin memperdalam riset, jangan berharap di kompasiana ini. Coba berpetualang di research gate. 


Buat admin Kompasiana, terima kasih artikle ini dimuat. (26.04.2021/Endepe) 


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline