Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Mengatasi Tetangga yang Sulit

Diperbarui: 16 Oktober 2024   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pexels.com

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tetangga adalah saudara kita yang paling dekat. Hal ini sering terjadi dan kita alami dalam hidup kita sehari-hari. Jika ada hal yang kita alami yang membutuhkan pertolongan maka orang pertama yang menolong kita adalah tetangga dekat kita. 

Namun seringkali kita bertetangga dengan seseorang yang sulit dan bahkan serig menganggu. Ada beberapa tips untuk meghadapi tetangga yang sulit.

Pertama, tetap jalin komunikasi yang baik. Seringkali hubungan yang buruk disebabkan oleh komunikasi yang buruk pula. Cara komunikasi yang baik ini misalnya dengan bertegur sapa jika bertemu atau kebetulan jika ia lewat depan rumah kita atau kita yang lewat di depan rumahnya.  Komunikasi ini bisa ditingkatkan misalnya dengan mengobrol tentang hal-hal yang disukainya.

Kedua, walaupun kita tidak suka cobalah undang dia ke acara-acara yang kita adakan yang sifatnya umum. Dengan cara mengundangnya maka dia akan merasa dianggap sebagai orang yang dihargai sehingga sikap dan sifatnya yang kurang menyenangkan terhadap kita lama-lama akan hilang.

Ketiga, teliti dan catatlah hal-hal yang menimbulkan gesekan antara kita dengan tetangga yang sulit tersebut. Mungkin sifat dan sikapnya yang sulit tersebut karena ada suatu peristiwa yang membuat dia tersinggung. Dengan meneliti dan mencatat peristiwa tersebut maka kita bisa minta maaf terhadapnya dan hubungan kita dengan dia akan membaik.

Keempat, minta tolong tetangga lain yang baik untuk menjadi penengah antara kita dan tetangga yang sifat dan sikapnya sulit tersebut

Kelima, jika sudah benar-benar menganggu maka laporlah pada pihak yang berwajib yaitu RT, RW, Kelurahan bahkan bisa ke kepolisian agar dia tidak mengulangi perbuatannnya tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline